SOUP IKAN PALUMARA BATU KALI YANG MAKNYUS

Di Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, banyak di antara kaum ibu rumah tangga menghabiskan waktunya untuk membuat ikan rebus yang disebut ikan palumara batu kali. Palumara adalah resep masakan untuk mengolah ikan berkuah sejenis soup. Di sebut palumara batu kali karena ada tahapan proses memasak yang menggunakan batu kali. Ikan yang di masak pun beragam tergantung selera.

Berbeda dengan merrebus ikan pada umumnya dimana kunyit maupun garam sebagai bumbu utama baru akan ditaburkan pada ikan setelah ikan disusun rapi hingga tempayang penuh. Setelah itu, ikan kemudian diberi air dan dimasak diatas tungku kayu bakar, agar aroma dan rasanya tidak hilang.

Setelah ikan direbus setengah matang, barulah ikan tersebut ditutup dengan selembar daun pisang dan tapisan beras yang terbuat dari ayaman bambu. Hmmm. Aroma sedap dari ikan rebus ini sudah terasa.

Nah, waktunya untuk memberikan tumpukan batu kali diatas tutupan ikan, jumlah batu yang diberikan pun harus sesuai dengan besar kecil tempayang yang digunakan untuk direbus. Untuk memberikan batu harus diberi secara perlahan-lahan agar daging ikan yang akan ditindis dengan batu tidak menjadi rusak.

Dipilihnya batu kali sebagai penindih ikan, meski batu kali memiliki bentuk beragam, karena permukaan struktur batu kebanyakan halus dan rata hingga mudah untuk dibersihkan. Tujuan meletakkan batu diatas tumpukan ikan ini agar daging maupun tulang ikan menjadi padat sehingga saat masak dan diangkat tidak mudah patah.

Proses memasak menggunakan batu kali ini di lakukan kurang dari satu jam lamanya. Ikan palumara kemudian diangkat dan ditiriskan sebelum dijual dipasar-pasar tradisional.

Karena tidak diberi bahan pengawet, ikan palumara ini hanya bisa bertahan empat hingga lima hari saja. Ikan palumara banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional dan peminatnyapun lumayan banyak. Harga yang terjangkau, empat ekor ikan cuma Lima Ribu Rupiah.

ikan palumara batu kali yang sudah dibeli di pasar tradisional ini bisa digoreng atau dimasak ulang setelah dibersihkan dan dijadikan santapan yang enak jika ditemani dengan lombok serta sayur bening, sambil menonton tv. Dan bisa juga, ikan palumara batu kali ini bisa langsung dimakan sebagai camilan.

Untuk sayur ikan dengan kuah asam yang kental, berwarna kuning dan lumayan berminyak ini paling enak disantap saat panas. Tidak sulit untuk memdapatkan makanan ini karena banyak dijadikan menu dirumah-rumah makan yang ada di Sulawesi Selatan.

0 comments:

Post a Comment