LELE ASAP RESEP MASAKAN TURUN-TEMURUN SEJAK JAMAN JEPANG

Sepanjang sore hari, terlihat asap tebal mengepul dari rumah-rumah warga Dusun Jati Kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta. Asap ini bukan karena rumah terbakar, melainkan asap dari sabut kelapa yang dibakar dalam tungku untuk mengasap lele dengan resep turun-temurun sejak zaman Jepang.

Sentra industri rumah tangga pengelolaan lele dan belut ini sudah bertahan sejak jaman pendudukan Jepang. Ilmu serta resep terus diturunkan dari Mbah Amad Kardi dan Mbah Kromo Munawi yang merupakan cikal bakal berkembangnya usaha lele asap dan kini dipertahankan hingga generasi ketiga.

Jika melihat ke atas, terlihat kepulan asap keluar dari dapur setiap rumah warga. Mereka sedang mengasap lele untuk dijual ke konsumen atau pelanggan.

Cara memasak lele asapun tidak terlalu sulit, hanya perlu kesabaran dan ketelatenan. Pertama lele dibersihkan, kemudian dibumbui, seperti, garam, bawang putih, serta ramuan bumbu yang dirahasikan.

Selanjutnya lele direndam dalam bumbu sekitar 30 menit sampai bumbu meresap kedalam lele, kemudian ditusuk seperti sate dengan tusuk bambu. Setelah semua bahan dasar siap, lele disusun berjajar di atas tungku tradisional dengan nyala api dan asap dari serabut kelapa selama 15 – 30 menit hingga matang.

Selain ramuan bumbu dasar yang memiliki campuran alami khusus, kepulan asap dari serabut kelapa inilah yang membuat lele asap berwarna merah menyala tanpa gosong sedikit pun.

Lele asap ini pun mampu bertahan hingga 2 hari saat dibeli oleh para konsumen atau pelanggan yang menyajikan masakan ala lele, seperti mangut lele, pecel lele, abon lele hingga lele penyet.

Untuk pemasaran, lele asap tradisional ini di jual ke seluruh wilayah Jogjakarta serta kota besar seperti, Magelang, Semarang dan Solo.

Dalam sehari, total kapasitas produksi warga yang tergabung dalam kelompok ini rata-rata sekitar 3,5 hingga 4 kwintal lele. Jika menjelang hari raya, bisa mencapai sekitar 5 kwintal per hari.

Harga jual untuk lele asap ini bervariasi, lele asap utuh seharga 25 ribu rupiah per kilogram, sedangkan lele asap potong-potong yang ukurannya lebih besar dengan harga sekitar 40 ribu rupiah per kilogram.



digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...