NASI BUMBUNG JANUR, GURIHNYA AMIT-AMIT

Pernahkah merasakan gurihnya nasi bumbung janur? Cita rasa gurih pedas bisa anda dapatkan jika mencicipi nasi yang dimasak di dalam bambu dan janur khas Purwokerto Jawa Tengah tersebut.

Untuk menciptakan nasi bumbung janur yang enak, bumbunya sederhana, hanya bawang merah, cabai, bumbu rempah seperti merica dan kemiri serta garam. Bumbu ditumis kemudian ditambah daun salam. Setelah tumisan tercium harum, nasi setengah matang dimasukan seperti membuat nasi goreng. Nasi tumisan ini kemudian dimasukan ke dalam bumbung dan diikat dengan janur atau pucuk daun kelapa yang masih muda.

Biasanya, saat memasukan nasi ke dalam bumbung inilah dicampur bahan lain seperti ayam cincang atau daging suwir dan ikan teri kecil, juga bisa diisi jamur. Nasi kembali ditanak agar matang sempurna. Nasi bumbung biasanya dihidangkan dengan ayam bakar atau goreng, daging sapi serundeng atau lele goreng.

Nasi bumbung Khas Purwokerto ini memang beda, karena dimasak bertahap agar memperoleh cita rasa sempurna. Dengan dimasak bertahap, matangnya sempurnah pun cita rasa bumbunya meresap.

Jadi kalau anda sudah bosan dengan nasi uduk, nasi goreng atau nasi bakar, anda bisa mencicipi nasi bumbung dengan aroma alami daun kelapa dan bamboo di rumah makan Kabayan Jalan Sudirman Purwokerto. Rasa nasinya yang gurih tak sebanding dengan murahnya. Ya, hanya 25 Ribu Rupiah, Anda bisa menikmati gurihnya nasi bumbung.

0 comments:

Post a Comment