PERINGATI HARI FILM NASIONAL, SISWA SMP BIKIN FILM INDIE

Dalam rangka memperingati Hari Film Nasional (30/03/2013,) siswa SMP di Gresik Jawa Timur membuat karya pembuatan film sendiri. Proses pembuatan film dilakukan sendiri oleh siswa dengan memadukan berbagai disiplin ilmu yang dipelajarinya selama ini. Bahkan, film karya siswa tersebut mampu meraih terbaik satu dalam festival film tingkat kabupaten.

Film indie atau film buatan sendiri yang di garap siswa SMP Muhammadiyah 12 GKB Kecamatan Manyar, merupakan bagian dari materi pelajaran bahasa indonesia yang di praktekkan langsung di lapangan dalam bentuk pembuatan film.

Dengan berbekal berbagai ilmu yang dipelajarinya selama ini, seperti bahasa indonesia, komputer, kesenian serta ilmu sosial, mereka merangkai desain film secara mandiri.

Topik-topik yang di angkat pun bervariasi, mulai peristiwa di sekolah hingga hal-hal yang bersifat kemasyarakatan seperti nasib petani garam dan lain sebagainya.

Layaknya pembuatan film ada umumnya, para siswa ini melakukannya berbagai tahap pembuatan film, mulai penyusanan drama, naskah dialog, editing gambar, hingga background musik yang mengirinya.

Para siswa mengaku senang mengikuti kegiatan ini serta merasa tertantang untuk membuahkan karya-karya terbaik. “Banyak sekali tantangannya. Salah satunya adalah seni engambilan gambar yang memerlukan ketelitian dan kesabaran”, ujar Mega Widya Puteri (siswi kameramen).

Dalam setahun, para siswa berbahasil memeroduksi berbagai karya film. Salah satunya adalah ketika garamku menulis namamu, yang mengangkat tema nasib petani garam gresik. Karya tersebut, bahkan, mampu meraih juara satu dalam festival film tingkat Kabupaten beberapa waktu lalu, meski pesaingnya adalah siswa SLTA.

0 comments:

Post a Comment