5 MANFAAT DAUN PAPAYA UNTUK KESEHATAN

Buah yang satu ini memang dikenal sebagai buah meja yang nikmat dikonsumsi langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Selain nikmat, pepaya juga diketahui memiliki khasiat bagi kesehatan.

Konsumsi daun pepaya memiliki baragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Sebagai pelancar pencernaan. Daun pepaya mengandung senyawa kimia berupa karpain yang dikenal ampuh membunuh mikro organisme yang biasa mengganggu keseimbangan fungis pencernaan.

2. Sebagai penghalau demam berdarah. Untuk mendapatkan khasiat ini, ambil daun pepaya muda sebanyak 5 helai. Kemudian rebus dengan air setengah liter.. Minum ramuan ini tiga kali dalam sehari.

3. Sebagai penambah nafsu makan. ambil daun pepaya muda. Kemudian tambahkan sedikit garam dan juga air sebanyak 200 cc. Haluskan lalu saring airnya dan tambahkan madu sebanyak 2 sendok agar lebih nikmat. Minum ramuan ini setiap harinya sampai nafsu makan Anda kembali normal. 4. Manfaat daun pepaya lainnya adalah sebagai pelancar air susu ibu. Langkah membuatnya sederhana, cukup ambil daun pepaya muda sebanyak 3 helai. Remas daunnya kemudian letakkan di atas api hingga daun tersebut menjadi layu. Dalam keadaan masih hangat, tempelkan daun pepaya yang telah diremas dan dipanaskan tersebut di area payudara kecuali puting.

5. Menghilangkan Jerawat. Langkah membuatnya adalah daun pepaya diracik menjadi masker. Ambil daun pepaya yang sudah tua dan berwarna hijau matang sebanyak 2 sampai 3 lembar. Jemur daun tersebut sampai layu setelah itu dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diulek. Tambahkan air matang sebanyak 1 sendok makan. Setelah itu oleskan pada wilayah yang berjerawat. Lakukan terus sampai jerawat kempes dan hilang. Jika Anda tidak memiliki alergi khusus, tak ada salahnya pula mengoleskan langsung getah pepaya di jerawat. Getah bisa diambil di bagian daun, batang atau buah. Tetapi, getah terbaik ada pada buah pepaya.

0 comments:

Post a Comment