LONTONG KUPANG SATE KERANG PANTURA JAWA TIMURAN

Berkunjung ke Gresik Jawa Timur tanpa mencicipi makanan khasnya sepertinya tidaklah terasa lengkap. Salah satu kuliner Gresik yang kini semakin sulit dijumpai yaitu lontong kupang.

Lontong kupang yaitu terdiri dari potongan lontong yang disajikan dengan sejumput kupang (sejenis kerang berukuran kecil, sebesar biji beras) yang disiram dengan kuah dari kaldu hasil rebusan kupang yang disajikan dengan sambal petis. Lontong kupang pada umumnya disantap dengan sate kerang dara serta minuman pendamping yaitu air kelapa muda.

Masyarakat Gresik selalu menyantap lontong kupang dengan air kelapa muda karena untuk mencegah atau mengantisipasi rasa mual atau alergi setelah menyantap lontong kupang bagi yang alergi terhadap hidangan hewan laut tersebut.

Kini keberadaan kuliner khas ini semakin sulit dijumpai di beberapa kota di Jawa Timur karena menurut masyarakat sekitar pesisir Jawa Timur, banyak yang mengatakan bahwa keberadaan kupang, kini kian sulit ditemui. Kupang umumnya ditemui dipasir saat air laut surut seiring pencemaran di wilayah perairan Gresik.

Sebelum dihidangkan, bumbu lontong kupang dan sate kerang dibuat dulu dari campuran cabe dan petis lalu diuleg. Selanjutnya lontong diiris-iris tipis kemudian disiram dengan kuah kupangnya. Kupang lontong ini nikmat dimakan saat kuah masih hangat. Rasa kuahnya yang segar bercampur rasa petis membuat makanan ini terasa manis-manis sedap dan membuat siapa saja ketagihan mencobanya lagi dan lagi.

Sepiring lontong kupang beserta sebuah sate kerang dara dapat anda nikmati dengan harga 7000 rupiah. Belum termasuk minumannya.

0 comments:

Post a Comment