MINUMAN PUCUK DAUN KOPI CEGAH GULA DARAH

Minuman yang terbuat dari pucuk daun kopi diyakini mampu mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit gula dan jantung. Minuman yang terasa segar diminum tatkala masih hangat ini, juga diyakini mampu melancarkan peredaran darah. Sehingga tradisi minum air daun tersebut masih dijaga oleh sebagian besar masyarakat di Sumatera, terutama ketika bekerja di perkebunan.

Untuk meracik minuman yang di Sumatera di kenal dengan nama minuman Kawa tersebut, pucuk daun kopi segar dipetik. Daun yang dipetik sebaiknya yang langsung terkena sengatan sinar matahari, karena diyakini lebih banyak khasiatnya.

Setelah dipetik, daun kopi segar lalu dijepit dengan jepitan bambu dan diasapin di atas bara api. Setelah warnanya berubah kecoklatan, daun kopi lalu diangkat dan diremas-remas hingga menjadi serbuk. Serbuk daun kopi lalu dimasukan ke dalam periuk. Dengan dituang air secukupnya, serbuk daun kopi dimasak hingga mendidih.

Cara meminum air kawa juga unik, karena tidak menggunakan gelas atau cangkir. Minuman yang masih hangat ini justru dituangkan pada batok kelapa yang tentunya sudah dibersihkan dari serbuk-serbuk sabut kelapa. Walau tanpa gula, tapi terasa segar. Rasa letih dan dahaga terasa hilang, justru semangat bekerja muncul kembali.

0 comments:

Post a Comment