SATE CRISPY EMPUK DENGAN BALUTAN TEPUNG DIGORENG

Bagi anda penggemar masakan khas selera Nusantara, tentu sudah mengenal dan makan menu sate. Tetapi apakah anda sudah pernah mencicipi sate yang satu ini. Sate crispy atau sate daging ayam dengan bumbu tepung crispy ini menjadi lain, karena cara penyajiannya tidak dibakar, apalagi menggunakan bumbu kacang, tetapi digoreng. Selain empuk rasanya, sate ini juga berbeda potonganya dengan sate ayam kebanyakan.

warung penjual sate crispy terletak di jalan Setyabudi kota Semarang milik Joko Budiman, pria asal Ponorogo, Jawa Timur ini menjadi lain karena empuk rasa dagingya serta bentuk satenya pun juga berbeda dengan bentuk sate kebanyakan.

Cara pembuatan sate ini pertama kali dengan memotong dan memisahkan daging ayam dari lemak dan tulangnya. Kemudian di pilih daging di bagian dada yang empuk, lantas dipotong-potong untuk di tusuk sujen. Cara pemotonganya pun berbeda, daging tidak dipotong kecil layaknya sate dipasaran. Namun, potongan daging lebih besar dan gepeng. Jadi untuk satu sujen atau per tusuk, hanya di isi dengan dua potong daging saja.

Setelah sate sudah jadi, kemudian di beri bumbu crispy dan di balut dengan tepung. Setelah permukaan sate terbungkus dengan tepung crispy, kemudian langsung digoreng sekitar lima sampai sepuluh menit lamanya. Setelah masak, barulah disajikan menggunakan saus sambal, agar rasa lebih nikmat.

Menurut salah satu penggemar masakan ini, sate ini rasanya enak dan empuk. Kelezatan sate ini terletak pada bumbu crispy yang membalut daging ayam, menjadikan rasa sate ini beda dengan rasa sate yang lain.

Perbedaan bumbu dan bentuk sate, serta keempukan dagingnya, membuat sate crispy ini mempunyai ciri khas tersendiri, dibanding dengan sate ayam yang ada di pasaran sekarang. Selain itu, untuk harga terbilang sangat efisien, di mana satu porsi lengkap dengan nasi hanya dibandrol sebesar lima belas ribu rupiah.

0 comments:

Post a Comment