WISATA KAMPUNG TEH LERENG PEGUNUNGAN WONOSOBO

Jika Anda belum punya agenda berlibur pecan ini,jalan-jalan ke perkebunan teh di lereng pegunungan bisa menjadi obat pelepas lelah usai berkutat dengan pekerjaan selama sepekan. Nah! di Wonosobo Jawa Tengah ada kawasan wisata kampung teh yang menyuguhkan panorama perkebunan, sekaligus bisa ikut panen daun teh serta menikmati hangatnya teh asli di tengah-tengah perkebunan.

Namanya kampung Teh Tanjungsari yang berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Letaknya sekitar 15 kilometer arah selatan kota Wonosobo dan tepat di jalur lalu lintas yang menghubungkan Wonosobo dan Purworejo. Kampung teh Tanjungsari masuk dalam kawasan perkebunan teh tambi yang sudah ada sejak jaman kolonial Belanda.menghampar seluas 829 hektar.

Hamparan tanaman teh bak permadani langsung menyergap mata begitu Anda melewati pintu gerbang. Hawa sejuk pegunungan Sindoro-Sumbing membuat suasana di kawasan ini benar-benar nyaman. Anda bisa benar-benar bebas berjalan ke areal perkebunan dengan beragam kontur, ada yang datar dan ada pula yang naik turun.

Di tengah perkebunan ada gubuk-gubuk kecil untuk tempat beristirahat. Anda juga bisa memesan teh serta menikmati kehangatannya di tengah hamparan tanaman teh.

Jika Anda datang pagi atau menginap di homestay yang ada di kawasan ini, Anda bisa ikut bergabung dengan para pemetik teh. Nah! Anda juga bisa meminjam keranjang sambil belajar memetik pucuk daun teh dari ahlinya.

Jika Anda ingin menyusuri areal perkebunan teh yang lebih luas, Anda bisa ikut berkeliling dengan mobil wisata khusus.sepanjang perjalanan Anda akan diajak melihat hamparan kebun teh hingga ke areal yang paling tinggi. Selain itu, Anda akan diajak ke perkampungan tempat para pemetik dan pegawai perkebunan tinggal. Nah, di kampung ini ada tradisi unik yakni menyuguhkan teh hangat gratis kepada pengunjung yang datang.

1 comment:

  1. Sangat pemandangan yang indah terutama melihat pemandangan2 yg hijau

    ReplyDelete