KOLEKTOR TANAMAN UNIK, ADA JERUK BERBUAH PAPAYA

Pernahkah anda mendengar tanaman jeruk berbuah pepaya atau pohon sawo berdaun zebra. Memang terdengar aneh. Namun tanaman ini memang benar-benar ada.

Tanaman-tanaman unik ini merupakan koleksi seorang pria pecinta tanaman unik asal Balikpapan, Kalimantan Timur. Di taman berukuran lima kali sepuluh meter tersebut, ahmad Iskandar, memelihara tanaman-tanaman unik yang menjadi koleksinya.

Beragam tanaman unik dikoleksi warga Sungai Ampal RT 30 Kelurahan Sumberejo, Balikpapan, Kalimantan Timur tersebut sejak tahun 2007 lalu.

Yang paling menarik perhatian, tanaman unik kebanggaan pria berusia 57 tahun ini adalah pohon jeruk berbuah pepaya. Berbeda dengan tanaman jeruk pada umumnya, bentuk buah jeruk yang dihasilkan pohon ini sangat mirip dengan buah pepaya.

Koleksi lain pedagang sembako ini, di antaranya pohon jeruk berdaun putih yang menyerupai tanaman wali songo, pohon sawo berdaun zebra, keladi bule, hingga tanaman sirih berdaun putih.

Sebagai kolektor tanaman unik, pria akrab disapa Iskandar ini juga mengoleksi berbagai bentuk adenium yang telah memenangi kontes tanaman unik nasional.

Menurut Iskandar, hobi tanaman unik ini ditekuninya sejak dirinya gemar mengikuti kontes tanaman. Gagal menjadi juara dalam kontes pertamanya, iskandar merasa termotivasi dan mulai berburu tanaman unik hingga ke luar pulau Kalimantan.

Berbagai daerah seperti Gresik, Banyuwangi, Bali, Palu hingga Makassar ia jelajahi untuk melengkapi koleksi tanamannya.

Hasilnya, 3 bulan kemudian, tanaman koleksi Iskandar berhasil memenangi kontes tanaman se provinsi Kalimantan Timur.

Karena tergolong aneh, tanaman koleksi Iskandar ini kerap ditawar kolektor lain dengan harga tinggi, hingga 75 Juta Rupiah.

Namun karena terlanjur sayang, iskandar terang-terangan menolak tawaran tersebut. “Saya merasa sangat berat melepas tanaman-tanaman ini”, ujarnya.

Menurut Iskandar, kegemarannya mengkoleksi tanaman unik tidak dapat di ukur dengan uang. Bahkan, iskandar bertekad menambah koleksinya dengan tanaman lain yang lebih unik dan menarik dibanding tanaman yang dimilikinya saat ini.


digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...