MENDULANG DOLLAR DARI BUDIDAYA IKAN KERAPU BEBEK TEMBUS PASAR MANCANEGARA

Sebagai negara maritim, Indonesia kaya akan hasil laut, diantaranya ikan kerapu bebek, yang menjadi andalan devisa negara. Nilai ekonomis ikan kerapu bebek yang sangat tinggi, menarik minat para nelayan di wilayah Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah untuk membudidayakanya. Di luar rasanya yang lezat, ikan yang dibudidayakan dengan jaring apung ini, diyakini sebagai makanan keberuntungan, terutama di negara Asia Timur.

Lokasi budidaya ikan kerapu bebek ini, berada di pesisir kepulauan karimun jawa, jepara, jawa tengah, tepatnya sepuluh mil dari Karimun Jawa yakni di pulau Sambangan. Dengan menggunakan metode keramba jaring apung, ikan yang bernilai ekonomis sangat tinggi ini berhasil dikembangbiakan. Harga perkilogramnya bisa mencapai tiga ratus hingga lima ratus ribu rupiah.

Untuk urusan pakan, ikan kerapu bebek biasa di beri pelet, secara rutin dua kali sehari. Bentuk ikan kerapu bebek cukup unik, moncongnya mirip bebek, dan badannya bertutul tutul hitam. Ikan jenis ini bila masih seukuran tujuh belas hingga dua puluh centimeter, juga bisa dijadikan ikan hias.

Dalam satu keramba biasanya terdapat sekitar tiga ratus ekor ikan kerapu bebek. Dalam sekali panen, nelayan yang membudidayakan ikan kerapu bebek mengaku dapat memperoleh hasil seratus lima puluh kilogram. Dari berbagai macam jenis ikan kerapu, ikan kerapu bebek menjadi primadona dan diekspor di asia timur, terutama Hongkong.

Bagi masyarakat Hongkong, ikan yang dimasak dengan cara dibakar atau diberi bumbu asem manis ini, dipercaya akan membawa hoki, bagi yang mengkonsumsinya. Tidak hanya Hongkong , negara asia timur lainnya seperti korea dan jepang pun menjadi sasaran ekspor ikan kerapu hasil budidaya nelayan Karimun Jawa ini .

Penggemukan ikan kerapu bebek sangat efektif menggunakan metode keramba jaring apung. Jaring jaring keramba ini di buat sendiri oleh nelayan setempat. Sedangkan untuk kerangka utama keramba terbuat dari pipa, atau kayu. Dengan metode keramba jaring apung, ikan ikan ini layaknya hidup di habitatnya sendiri, karena menyatu dengan laut.

0 comments:

Post a Comment