NIKMATNYA PINDANG KAKAP KELAPA MUDA BAKAR

Pindang atau gulai ikan, mungkin sudah sangat lazim kita dengar. Tapi gulai ikan yang dibakar di dalam kelapa muda, mungkin ini jadi tidak lazim. Dan inilah menu unik di rumah Makan Ikan Bakar Haji Jujun di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu Jawa Barat.

Selain perpaduan kesegaran rasa manis, pedas dan asam, proses pembuatan dan penyajiannya menjadi keunikan dari pindang kakap kelapa muda. Rasa segar manis didapatkan dari air kelapa muda. Sementara rasa pedas dan asam diperoleh dari cabe rawit dan buah asam mentahnya.

Karena keunikan rasa dan proses penyajiannya inilah yang membuat setiap pembeli akan merasa ketagihan. Bahkan sejumlah pembeli yang berasal dari luar kota, mengaku masakan ini lezat dan unik.

Masakan ini menggunakan ikan kakap putih. Setelah bersih dicuci, ikan kemudian direbus. Sambil menunggu ikan matang, bumbu rempah-rempah berupa kunyit, jahe, lengkuas, ketumbar, sereh, bawang merah dan bawang putih pun dihaluskan. Cabe rawit juga ikut dihaluskan, untuk mendapatkan rasa pedas.

Bumbu pindang kemudian digoreng dengan minyak kelapa. Daun salam dan buah asam mentah juga dimasukkan untuk menambah aroma dan rasa bumbu pindang. Setelah mengeluarkan aroma harum, bumbu pindang disiram dengan air kelapa muda. Air kepala muda inilah, yang memberikan rasa segar dan manis dari bumbu pindang. Setelah mendidih, ikan yang sebelumnya telah direbus, direbus kembali hingga benar-benar matang dan bumbu pindang meresap ke dalam daging ikan.

Selama ikan direbus dengan bumbu pindang, kelapa muda yang telah dikerok daging buahnya, mulai dibakar diatas bara arang. Setelah air kelapa mulai terasa panas, ikan yang telah direbus dengan bumbu rempah, lalu dimasukkan ke dalam kelapa muda. Proses pembakaran ikan di dalam kelapa muda ini, berlangsung 15 hingga 20 menit. Setelah itu, pindang kakap kelapa muda pun siap disajikan. Untuk menggugah selera makan, pindang kakap ditaburi dengan bawang goreng.

Pembeli hanya cukup mengeluarkan 20 Ribu Rupiah untuk bisa mendapatkan masakan ini, plus satu piring nasi.

0 comments:

Post a Comment