SENSASI MENIKMATI UDANG TERBANG ATAU BELALANG

Siapa sangka jika belalang yang selama ini menjadi ancaman petani, justru menjadi makanan khas di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Bahkan serangga jenis belalang kayu tersebut oleh kebanyakan orang disebut udang terbang.

Dimanapun tempat, belalang adalah salah satu jenis serangga yang merugikan bagi petani. Karena memakan segala jenis tanaman, sudah sewajarnya jika petani menganggapnya sebagai musuh besar mereka, selain ulat.

Tapi lain ceritanya bagi masyarakat Gunungkidul, Yogyakarta. Di daerah tersebut serangga jenis belalang kayu dan berwarna coklat ini, justru menjadi makanan khas yang gurih dan banyak diminati oleh masyarakat luas.

Banyak warga desa mijahan yang Setiap pagi hingga siang menjelang, mereka berkeliling ladang milik penduduk, untuk mencari belalang. Dalam hitungan jam, 400 sampai 500 ekor bisa ia dapatkan.

Usai berburu, belalang-belalang tersebut dibersihkan bulu sayapnya, direnteng dengan lidi, dan dijajakan di pinggir jalan. Harganya yang fantastis, yang mencapai rp. 400 per ekor, menjadikannya komoditi tersendiri, di wilayah perbukitan seribu ini.

Sejumlah warung makan di sepanjang jalan wonosari-semanu, tepatnya di kawasan pabrik di desa mijahan tersebut, biasa menyajikan menu belalang goreng.

Sebelum dimasak, isi perut belalang dibuang, dengan cara mematahkan batang lehernya dan isi perut ditarik keluar lalu dibuang. Usai dibersihkan kotorannya, belalang tersebut dicuci, dengan air hangat berulang kali.

Proses selanjutnya adalah menyiapkan bumbu, yang terdiri dari bawang putih, bawang merah dan garam. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan, kemudian dicampurkan dengan belalang yang sudah dibersihkan dan digoreng. Proses penggorengan harus terus diaduk dan tentunya memakan waktu agak lama, mengingat kulit belalang sangat keras.

Jika belalang di penggorengan sudah berwarna merah hati, artinya belalang sudah matang dan siap disajikan.

Para penikmat belalang mengaku, selain rasanya seperti udang, digoreng hingga kering lebih terasa renyah. Sekalipun belum ada kejelasan, seberapa kandungan vitamin yang ada pada serangga berwarna coklat ini, namun orang mempercayai, belalang ini berprotein tinggi.

0 comments:

Post a Comment