MENDULANG RUPIAH DENGAN BUDIDAYA LEBAH KLANCENG

Madu lebah klanceng selama ini dikenal merupakan yang terbaik diantara berbagai jenis madu karena kandungan nutrisinya. Meski tergolong langka, lebah klanceng ternyata bisa dibudidaya. Salah seorang peternak lebah klanceng adalah Ali Muntoha warga desa Regaloh Kecamatan Tlogowungu, Pati, Jawa Tengah, telah berhasil membudidayakan dengan menggunakan media bambu, karena tempat hidup lebah klanceng biasanya bambu yang sudah lapuk atau di sela-sela kayu.

Untuk menangkar lebah klanceng, caranya adalah batang bambu yang berisi koloni lebah dibuka. Sebagian besar peternak lebah klanceng melakukan penangkaran ini pada malam hari karena lebah yang merasa terganggu akibat koloninya diusik akan mengerubuti orang yang mengganggunya. Namun penangkaran bisa di lakukan siang hari dengan menggunakan masker penutup kepala atau sejenisnya.

Biasanya, penangkaran dilakukan sekaligus dengan mengunduh madunya. Madu klanceng biasanya terdapat di dalam polen yang menempel di dinding bambu. Polen berisi madu ini yang diambil.

Untuk penangkaran, tahap pertama disiapkan tempat tinggal lebah berupa bambu yang sudah dibelah. Selanjutnya, telur-telur yang berisi larva dipindahkan dari bambu tempat tinggalnya.

Bambu koloni baru ini ditutup lagi dan diletakkan berdekatan dengan bambu yang sudah ditinggali lebah. Sehari kemudian bambu tempat tinggal lebah yang baru ini diletakkan terpisah dengan tempat tinggalnya yang lama.

Menurut ali muntoha, madu lebah klanceng yang dihasilkan terbilang sangat sedikit. Dalam satu tahun, dia hanya memperoleh satu sampai dua botol madu ukuran 640 mili liter. Satu botol madu biasanya dijual Seratus Ribu Rupiah.

Ali mengatakan, madu ini biasanya digunakan untuk menurunkan demam anak. Namun, madu ini juga dikonsumsi penderita diabetes untuk mengganti konsumsi harian gula. Selain kedua manfaat tersebut, madu ini juga bisa dikonsumsi penderita ejakulasi dini dan gangguan seksual dengan ditambahkan ramuan telur hijau. Sedangksan untuk mereka yang sehat, madu ini bisa dikonsumsi sehari-hari untuk mencegah penyakit datang.

Jika anda berminat pada lebah klanceng dan ingin melihat lokasi peternakannya, Anda bisa mendatangi langsung lokasinya di desa regaloh. Di lokasi ini, selain membawa pulang madu, pengunjung juga bisa mengkonsumsi madu yang baru dipanen.

1 comment: