NIKMATNYA BERBUKA PUASA DENGAN KETUPAT SATE BLENGONG

Bila kebetulan anda melintas di jalur pantura, terutama saat memasuki wilayah kabupaten Brebes Jawa tengah, tidak ada salahnya untuk mencoba menikmati ketupat sate blengong sebagai menu buka puasa anda,sejumlah warung makan baik kaki lima ataupun rumah makan banyak yang menawarkan menu yang satu ini.

Seperti halnya di sekitar alun-alun kota Brebes, tidak sedikit warung tenda yang khusus menjual menu yang satu ini. Sambil menikmati suasana sore di kabupaten brebes anda bisa berbuka puasa dengan ketupat sate blengong, sate blengong biasanya disajikan dengan ketupat atau lontong kemudian di siram dengan kuah kental pedas serta di taburi krupuk atau bawang goreng,karena bentukanya mirip sate maka banyak orang yang menyebutnya dengan nama sate blengong meski ukuranya jauh lebih besar di bandingkan dengan sate ayam maupun kambing.

Sedangkan blengong sendiri adalah nama sejenis unggas hasil persilangan antara bebek dengan mentok,rasa gurih dan nikmat tentu tak lepas dari cara pengolahan bumbu serta daging blengong itu sendiri,proses pembuatanya,setelah direbus dengan menggunakan bumbu dapur dan rempah-rempah hingga menjadi empuk,kemudian daging blengong dipotong menjadi beberapa bagian dan dibuat seperti sate namun dengan ukuran lebih besar dan panjang untuk setiap tusuknya.

Untuk bumbu kuahnya menggunakan santan dan cabe serta bumbu dapur yang di masak hingga kental dan harum, Untuk satu piring ketupat dengan satu tusuk sate blengong hanya dipatok Rp 7.000 perak saja. Selain dibungkus juga bisa disantap di warung miliknya sebagai menu berbuka puasa.

0 comments:

Post a Comment