WISATA AIR TERJUN TANCAK YANG EKSOTIK DAN MENANTANG

Di Jember Jawa Timur, terdapat sebuah air terjun yang eksotis dan alami. Namun, untuk sampai di air terjun tersebut, pengunjung wajib jalan kaki sejauh 4 kilometer dengan melintasi jalan setapak berbatu naik turun, bibir jurang dan menyeberangi sungai berbatu besar dan memakan waktu perjalanan 2 hingga 3 jam. Meski mandi keringat, pengunjung terobati dengan kealamian air terjun yang menjuntai indah bak rambut bidadari.

Air terjun tancak adalah air terjun tertinggi di Jember. Untuk mencapai air terjun dengan ketinggian 82 meter tersebut, pengunjung harus bermandi-mandi keringat dulu. Bagaimana tidak, untuk menikmati keeksotisan air terjun tancak, pengunjung atau wisatawan harus jalan kaki sejauh 4 kilometer dengan waktu tempuh 2 hingga 3 jam. Jalan setapak berbatu di bibir jurang membuat wisatawan harus ekstra hati-hati. Bahkan, wisatawan juga harus menyeberangi beberapa sungai berbatu besar.

Karena medan yang dilewati cukup menantang dan jalan setapak yang licin, sebaiknya berwisata ke air terjun tancak lebih baik pada saat musim kemarau.

Suasana yang hijau di sekitar jalan menuju air terjun sangat mengasyikkan, sehingga perjalanan melewati jalan setapak sejauh 4 kilometer serasa tidak membuat kita capek. Selama perjalanan itu pula pengunjung akan disuguhi pemandangan yang eksotis dari agrowisata kebun kopi Gunung.

Plesir ke air terjun tancak layaknya kata pepatah, berakit-rakit ke hulu bersenang-senang kemudian. Meski melintasi jalan yang bahaya dan penuh tantangan, para wisatawan terobati dengan keindahan air terjun tancak yang eksotik. Suhu air yang terjun dari pengunungan Argopuro tersebut dingin dan segar.

Mandi keringat pun berganti mandi air. Para wisatawan tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk mandi dan berenang. Aksi berfoto ria pun seakan menjadi ritual wajib para wisatawan.

Tidak ada biaya restribusi masuk menuju air terjun tancak. Pengunjung hanya mengeluarkan biaya 2 ribu rupiah untuk menitipkan kendaraan bermotornya.perjalanan dari kota Jember hingga sampai ke tempat penitipan kendaraan bermotor hanya memakan waktu sekitar 45 menit.

0 comments:

Post a Comment