KOPI TERBALIK, MINUMAN KHAS PESISIR ACEH BARAT

Aceh terkenal dengan kopinya. Dikabupaten aceh barat misalnya, banyak cafe dipesisir pantai menyajikan kopi aceh dengan cara yang unik, selain nikmat, cara meminumnya juga khusus, yakni disajikan dengan wadah gelas terbalik, sehingga minuman ini disebut kopi terbalik.

Cafe-cafe dipantai Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, saban sore selalu ramai pengunjung, selain untuk melepas lelah setelah seharian bekerja, rata-rata pengunjung datang ke pantai tersebut untuk menikmati kopi terbalik, minuman khas warga pesisir pantai Aceh Barat.

Disebut kopi tebalik karena minuman ini disajikan dengan gelas yang terbalik, penyajian dengan cara yang berbeda ini, membuat rasa kopi tebalik berbeda dari rasa kopi pada umumnya, panas yang terkurung didalam gelas menjadikan larutan kopi terasa lebih nikmat sampai tetes terakhir diteguk dari gelas.

Selain warga kabupaten aceh barat, pengunjung cafe-cafe dipesisir pantai ini juga banyak yang berasal dari luar daerah, para pengunjung biasanya datang bersamakeluarga atau teman, dihari-hari libur pengunjung yang datang bisa lebih ramai, tiga hingga empat kali lipat dari hari biasa.

Para pengunjung mengaku, ia rutin datang ke cafe-cafe pesisir Suak Ribee untuk menikmati kopi tebalik, dalam seminggu setidaknya tiga hingga empat kali ia datang, bersama keluarga atau rekan-rekan kerjanya.

Membuat kopi tebalik tidaklah rumit, bahan dasar pembuatannya sama seperti minuman kopi pada umumnya, yaitu gula dan kopi.

Namun, untuk membuat segelas kopi tebalik dengan cita rasa khas, serbuk kopi harus berasal dari kopi Aceh asli, yang digiling kasar, diseduh dengan air panas bersuhu didih, aduk minimal 2 menit, lalu gelas kopi diletakkan pada sebuah piring saji lalu dibalik.

Zulhakim, salah seorang pemilik cafe mengatakan, cara menyeduh kopi terbalik ini ia dapatkan dari kebiasaan masyarakat pesisir Suak Ribee. Awalnya penyajian kopi dengan gelas yang dibalik ini dimaksudkan agar kopi tidak segera dingin dihembus angin laut. “Karena cara ini terbukti menambah nikmat cita rasa kopi, warga pun berinisiatif membuka bisnis dengan mendirikan cafe-cafe disepanjang pesisir pantai“, ujar Zulhakim.

Selain cara penyajian kopi yang tak biasa, cara meminum kopi tebalik juga unik. Untuk mengeluarkan air dari gelas yang tertelungkup diperlukan cara khusus, sedotan harus dihembus terlebih dahulu, agar gelembung-gelembung udara mengeluarkan kopi dari dalam gelas sedikit demi sedikit, baru kemudian kopi bisa disedot. Tertarik mencoba?


digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...