MENGOLAH RAJUNGAN MENJADI PRODUK KEMASAN BERNILAI JUAL TINGGI

Rajungan sebagai salah satu hasil laut ternyata tak hanya dijual dalam bentuk mentahan asaja. Produk khas daerah pesisir ini juga bisa diolah menjadi produk jadi yang lebih bernilai ekonomi dan memberikan keuntungan lebih bagi pelaku usaha tersebut. Namun faktor ketersediaan bahan baku dan modal membuat pengusaha produk olahan rajungan skala kecil ini tidak dapat berkembang.

Salah satu pengolahan rajungan skala rumah tangga yang telah berjalan yakni milik Legirah di pesisir pantai utara desa Pecangaan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Selain menampung berbagai jenis ikan, Legirah juga menerima rajungan dari para nelayan tradisional. Hasil rajungan yang diterima bisa dijual mentah dengan harga Empat Puluh Lima Ribu Rupiah, perkilogram.

Namun, hewan yang masih satu famili dengan kepiting ini juga bisa diproses menjadi produk olahan yang lebih bernilai. Hal ini telah dilakukan Legirah dan mampu memberikan nilai tambah bagi usahanya. Dengan dibantu pekerja dari lingkungan sekitar, pengusaha wanita ini mengolah rajungan menjadi berbagai macam produk.

Caranya cukup sederhana, rajungan dipisahkan perbagian dari kaki, cangkang dan dagingnya. Dari kakinya, dihasilkan produk yang disebut jumbo dan pecahan jumbo. Sedangkan dari cangkangnya dibikin produk yang dinamakan elang dan kembang.

Menurut Legirah, harga jual rajungan jika dijual mentahan paling tinggi mencapai empat puluh lima ribu. Namun, jika diproses menjadi produk olahan, harga perkilogram bisa mencapai tiga kali lipat atau seratus lima puluh tiga ribu perkilogram.

Dalam hal pemasaran, ibu Legirah tidak banyak mengalami kendala karena produk bikinannya langsung diambil perusahaan-perusahaan besar di Surabaya dan Jakarta.

Yang menjadi kendala bagi Legirah adalah bahan baku. Minimnya suplai bahan baku dari nelayan setempat membuat Legirah harus berupaya mendatangkan dari luar daerah. Untuk melakukan terobosan ini Legirah dihadapkan pada kendala permodalan yang terbatas.


digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...