MENIKMATI BURAS LUMBAH, LEPAT KHAS HULU SUNGAI KALIMANTAN

Anda penggemar masakan berbahan lontong, cobalah makanan khas yang satu ini, namanya buras lumbah. Lontong yang mirip dengan Lepet di daerah Jawa Barat tersebut merupakan menu wajib masyarakat Hulu Sungai di Kalimantan Selatan setiap Hari Raya. Buras tersebut disajikan hanya dengan menggunakan bumbu sambal kacang yang gurih dan nikmat.

Buras atau bubur beras, mungkin bukan merupakan makanan yang asing bagi anda. Sebab bentuknya mirip dengan lepeut yang ada di daerah jawa barat. Bedanya Buras ini ukurannya lebih besar. Karena itulah disebut Buras Lumbah, yang artinya buras lebar atau besar. Karena ukurannya yang besar, maka untuk satu potong buras, perut anda sudah bisa merasakan kenyang.

Bedanya dengan Lepeut di Jawa Barat, Buras dibuat dengan terlebih dahulu mengadon beras menjadi bubur menggunakan santan kental dan daun pandan. Bubur kental kemudian dibalut dengan daun pisang yang sudah dipanaskan diatas api, sehingga menimbulkan aroma dan cita rasa yang legit dan khas.

Setelah balutan daun pisang diikat, Buras kemudian direbut selama lebih dari 4 jam agar tahan lama. Sedangkan bumbu sambal kacang setelah diracik kemudian harus dimasak.

Untuk satu potong Buras harganya relative murah, hanya 4 ribu rupiah atau satu tangkup (berisi dua potong ), plus secangkir teh manis yang hangat seharga 11 ribu rupiah. Mau mencoba, silahkan singgah ke Kedai Happy di jalan Cempaka Sebelas Banjarmasin.

0 comments:

Post a Comment