WISATA DOKARAN, ALTERNATIF LIBURAN KELUARGA SELAMA LEBARAN

Wisata dokaran atau berwisata keliling kota dengan naik andong menjadi liburan alternatif keluarga selama merayakan hari raya idul fitri, di Gresik, Jawa Timur. Wisata dokaran yang hanya ada setahun sekali di hari lebaran ini, akan mengantarkan anda berkeliling menikmati pemandangan kota Gresik dengan hanya merogok kocek 70 Ribu Rupiah (13/08/2013.)

Setiap tahun, tepatnya setelah sehari setelah perayaan hari raya Idul Fitri di Gresik, terdapat tradisi wisata dokaran atau wisata andong. Puluhan andong yang awalnya digunakan sebagai angkutan wisata religi Sunan Giri, kini bisa anda temukan di sepanjang jalan alun-alun kota Gresik.

Wisata dokaran ini, bisa menjadi alternatif hiburan keluarga yang menyenangkan. Andong-andong tersebut akan membawa anda berkeliling menyusuri sudut-sudut kota gresik, mulai dari mengelilingi alun-alun kota Gresik, Jalan Pahlawan, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Veteran, Wisma Ahmad Yani dan kembali lagi ke alun-alun kota Gresik.

Untuk bisa menggunakan wisata andong ini, anda harus menyewanya dengan harga 70 Ribu Rupiah, Anda sudah bisa jalan-jalan bersama keluarga menikmati pemandangan kota Gresik. Penumpang juga bisa berbelanja dan menikmati makanan khas Gresik, lokasi sesuai dengan keinginan.

Jika anda hendak naik andong, disyarankan harus pintar-pintar menawar pada sang kusir. Jika Anda pintar menawar, maka anda bisa menggunakan jasa andong ini dengan harga lebih murah.

Rosi, salah satu penumpang andong mengatakan, tradisi wisata dokaran ini ada setiap tahun usai lebaran idul fitri sambil mengajak anak dan saudaranya untuk menikmati perjalanan mengelilingi kota. “Lumayan bisa berwisata keliling kota bersama anak-anak”, ujarnya.

Dengan adanya wisata andong ini, pendapatan para kusir andong bisa meningkat 3 kali lipat dibanding hari-hari biasa sebagai angkutan wisata sunan giri. Biasanya hanya mendapatkan 100 ribu, kini dalam sehari para kusir andong ini mampu membawa pulang hingga 300 Ribu Rupiah.

Meski hanya berlangsung 7 hari pasca lebaran, warga kota gresik merasa terhibur dengan paket wisata keliling kota yang hanya ada setahun sekali ini.

0 comments:

Post a Comment