MINUMAN SARI BUAH JUWET, EFEKTIF ATASI KEBIASAAN NGOMPOL ANAK-ANAK

Buah juwet (syzygium cumini) yang selama ini tumbuh liar dan di anggap kurang penting oeh sebagain besar masyarakat, ternyata memiliki manfaat bagus bagi kesehatan, terutama bagi penderita kolesterol, sariawan diare bahkan termasuk pula mengobati kebiasan ngompol pada anak-anak.

Kenyataan inilah yang kemudian menginspirasi SD Muhammadiyah GKB Kecamatan Kebomas, Gresik Jawa Timur, untuk membuat sari buah juwet yang kemudian di jual kepada siswa (17/11/2013.) “Alhamdulillah, minuman sari juwet ini sangat di suka oleh siswa, bahkan, mereka perlu antri untuk membelinya”, ujar Guru Pembina, Nur Qomari.

Nur Qomar menambahkan, dalam sebulan terakhir memang memperkenalkan manfaat dan khasiat buah juwet kepada siswa, bukan saja dengan menjual minuman juwet, tetapi dengan mengajarkan mereka cara membuatnya pula sebagai salah satu pelajaran kewirausahaan.

“Kebetulan di pekarangan sekolah ada pohon juwet yang sedang berbuah lebat, sehingga bisa menjadi bahan praktikum anak-anak”, ujar Nur Qomari.

Buah juwet yang di pilih adalah yang sudah matang dengan warna ungu tua kehitam-hitaman. Untuk membuat minuman, buah juwet di cuci bersih kemudian di rebus hingga dagingnya merekah dan mudah di pisahkan dari bijinya. Proses pemisahan daging dan biji di lakukan dengan menekan daging hingga terkelupas.

Selanjutnya, daging buah juwet di saring untuk mengambil sarinya. Sari buah juwet ini, kemudian di campur gula secukupnya agar terasa manis dan di suka anak-anak.

Aimar Zuhruf, salah seorang siswa mengatakan, khasiat mengatasi kebiasaan ngompol, membuat sari juwet memili tempat tersendiri di hati teman-temannya yang punya persoalan dengan kebiasaan ngompol. “Rasanya manis bercampur sedikit kecut, dan yang penting, khasiatnya”, Ujar Aimar.

0 comments:

Post a Comment