SOUVENIR CANTIK BERBAHAN BUAH DAN BIJI-BIJIAN

Buah-buahan dan biji-bijian ternyata bisa dijadikan aneka ragam kerajinan serta hiasan pernik yang menarik, seperti boneka, hiasan dinding dan aneka souvenir cantik lainnya. Hiasan dan pernik ini ternyata banyak di gemari para pengoleksi barang antik, dan tentu saja rejeki mengalir dengan sendirinnya.

Seperti yang dikerjakan, Kusno, 67 tahun, warga Mojodongo, Kecamatan Kedawung, Sragen Jawa Tengah. Keterampilannya yang merangkai berane macam buah seperti buah apel, biji mahoni, buah siwalan, buah ciplukan, biji salak, tempurung kelapa dan tempurung biji mahoni, ternyata membawa keberuntungan bagi Kusno dan keluargannya.

Keterampilan Kusno diperolehnya sejak tahun 1996 dengan cara belajar otodidak. Begitu pula bahan-bahan yang didapat diperolehnya dengan memanfaatkan hasil alam. Dengan bahan yang tersedia itu, Kusno mampu merangkai hiasan dinding, seperti laba-laba, boneka mini, patung, tas, dompet, kalung, gelang dan lain sebagainya.

Menurut Kusno awalnya ia hanya mengotak atik buah-buahan dan bijian dengan ditempel-tempelkan dijadikan mainan. Akhirnya lama kelamaan banyak pemesan kususnya para pengrias pengantin dan pengoleksi barang antik di kabupaten sragen dan sekitarnya, hingga tembus keluar daerah, seperti Jogja, Semarang, Jakarta, bahkan tembus luar propinsi seperti Lampung, Medan, Banjarmasin Awalnya sekedar coba-coba, namun saat ini bisa menjadi profesi yang menguntungkan”, ujar Kusno.

Untuk harga anda tak perlu khawatir, untuk yang terkecil seperti boneka dihargai 3 ribu rupiah sampai 4 ribu rupiah. Sementara untuk yang besar, seperti laba-laba dan patung manusia bisa mencapai 50 hingga 250 Ribu Rupiah.

0 comments:

Post a Comment