BUDIDAYA BEBEK HIBRIDA, HASILKAN PULUHAN JUTA RUPIAH PER BULAN

JikaAnda pusing memikirkan aktifitas di masa pension nanti, jangan kuatir mulailah berfikir untuk berternak bebek hibrida, seperti yang sudah dibuktikan Fajar Santoso, pria asal Sidoarjo Jawa Timur yang merupakan pensiunan pegawai negeri sipil ini punya resep sukses berternak bebek hibrida yang sukses meraup puluhan juta rupiah per bulan (06/04/2014).

Rasa gurih serta memiliki kandungan gizi, kalori dan protein tinggi membuat daging bebek semakin diminati oleh masyarakat. Namun tau kah kita jenis bebek apakah yang kini bernilai sangat ekonomis bagi para peternak dan paling dicari pedagang kaki lima serta rumah makan yang menyajikan menu utama bebek. Jawabanya adalah bebek hbrida yang kini paling diburu, lantaran memiliki daging yang lebih banyak (lebih gemuk) daripada bebek jawa, konon daging bebek hibrida lebih gurih dan dan lembut.

Salah satu petani bebek hibrida Fajar Santoso, asal Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo. Tiap harinya fajar mengaku bisa memotong 500-750 ekor bebek hbrida dengan keuntungan perhari 14 juta rupiah bayangkan jika dalam satu bulan sudah berapa puluh jutahkan penghasilan mantan kepala desa penambangan tersebut.

Bebek hbrida yang sangat fenomenal bagi fajar santoso ini dikenalnya semenak tahun 2010. Bebek hbrida yang merupakan persilangan antaran bebek betina local atau biasa disebut dengan bebek tiktok dan bebek peking jantan yang berkualitas. Menghasilkan bebek hibrida yang memiliki ciri khas yakni labih berbobot beratnya, jika bebek hbrida umur 45 hari beratnya bisa 1,6 kilo. Jika bebek biasa dalam waktu yang bersamaan beratnya hanya bisa 1,2 kilogram sehingga dapat dipanen dalam waktu yang lebih singkat.

Berternak bebek hibrida ternyata cukup mudah, hanya memanfaatkan lahan kosong belakang rumahnya. Fajar Santoso, membuat sekat-sekat dikandangnya untuk membedakan usia bebek yang siap dipanen dan bebek yang masih mudah. Selain itu fajar selalu menseterilkan kandang secara alami dengan gamping agar kondisi unggas tidak gampang terkena penyakit atau virus flu burung. Untuk pakanya pun tergolong mudah, bisa dibelikan produk pabrikan atau membuat pakan sendiri dedak, bekatul, ampas tahu, enceng gondok dan keong.

Yang menjadi catatan bagi peternak pemula, agar tidak membuat kandang bebek dekan dengan keramaian misal dekan jalan raya. Karena bebek hewan yang mudah stres. Kalo stres bisa mempengarui proses bertelur.

Keungulan lain bebek hibrida adalah, selain penghasil daging juga dapat dibudidayakan sebagai penghasil telur yang jumlah produksinya mengalahkan produksi telur bebek lokal. Selama ini bebek yang dijadikan bebek pedaging biasanya adalah bebek petelur yang sudah afkir atau bebek angonan jawa yang umur pemeliharaannya lebih lama. Sehingga dari kualitas daging memang sangat jauh dari yang diharapkan, dengan kehadiran bebek hibrida sebagai bebek pedaging adalah salah satu jawaban kebutuhan masyarakat akan daging bebek. Bebek hibrida ini selain dagingnya yang lebih banyak juga kualitas daging dari sisi keempukannya mendekati daging ayam kampung, selain itu juga dari bau daging tidak berasa amis.

Sementara itu menurut kepala bidang perternakan dan kehewanan, dinas p3 kabupaten sidoarjo, dokter bambang erwanto, tentang terkenalnya sidoarjo sebagai penghasil bebek selain bandeng, ini tak lain karena para peternak bebek hbrida sukses dalam mengembangkan budidaya bebek dengan kualitas unggul serta bisa terhindar dari penyakit unggas.

Serangan flu burung yang terjadi di beberapa kabupaten di jawa-timur membuat peternak unggas kelabakan bahkan ada yang sampai gulung tikar. Namun di kabupaten sidoarjo, para peternak unggas tetap eksis bahkan bisa dibilang kewalahan menerima pesanan daging bebek potong setelah daerah lainya terkena virus H5N1.

Selain itu terkait wabah flu brurung yang sempat menyerang di beberapa kabupaten di jawa-timur, menurut bambang penyakit flu burung hanya bisa dicegah dan dicegah serta jangan lupa kebersihan kandang itu nomor satu.

Dengan dibantu 25 pekerja yang merupakan warga desa setempat. Fajar sudah mampu mengembalikan modal usaha sekitar 50 juta hanya dalam satu tahun saja.



digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...