SENSASI SIRUP PALA, MINUMAN ALTERNATIF YANG MENYEHATKAN

Buah pala yang biasa kita jumpai dalam bentuk manisan maupun rempah-rempah dibagian bijinya, ternyata bias menjadi bahan utama Sirup, yaitu Sirup pala yang memiliki khasiat tersendiri terutama dalam pemulihan kesehatan.

Proses pembuatan Sirup pala ini dapat djumpai di jl. Raya Cisaat, Sukabumi, Jawa barat. Pembuat Sirup pala, Cahya (49 th,) telah menekuni pembuatan Sirup pala sejak tahun 2002 lalu dimana Cahya memang terlahir dari keluarga pembuatan manisan buah dengan nama manisan 'seger'.

Di kediamannya sekaligus sebagai home industri Sirup pala, Cahya yg dibantu 5 karyawannya, Sirup pala diproduksi secara tradisional, Cahya membuat Sirup pala dengan bahan baku pala dipilih buah pala yg segar yg baru 1 hari dipetik, kemudian pala diparut dan hasil parutan buah pala diperas dengan alat sehingga mengeluarkan sari buah pala, sari buah pala tersebut kemudian disaring dan dicampur dengan air yg kemudian di beri gula pasir, setelah direbus maka terbentuk Sirup pala yg langsung dimasukan ke botol2 yg tersedia, sebelum dipasarkan Sirup yg telah dibotolpun harus kembali drendam dengan suhu 70 derajat celcius agar Sirup benar-benar steril.

Cahya mengatakan memasuki bulan ramadhan dan jelang lebaran pihaknya harus meningkatkan produksi hingga 100 % dirinya harus membuat sekitar 5000 botol, bulan padahal pada hari2 biasa pihaknya hanya memproduksi sekitar 2000 botol saja, Cahya mengatakan Sirup pala buatannya dijamin bebas dari bahan pengawet serta tanpa bahan pewarna yg dibuat dari buah pala segar terpilih, namun chya mengeluh dengan melonjaknya harga gula yg merupakan bahan baku utama Sirup pala sehingga terpaksa menaikan harga menjadi rp. 19, 000, perbotol dari harga sebelumnya Rp. 17. 500, botol.

Sirup pala ini dapat dibeli di beberapa toko diwilayah sukabumi dengan harga Rp. 19. 000, botol bahkan kini Sirup pala menjadi bagian dari oleh-oleh khas Sukabumi selain Mochi dan keripik sehi.

0 comments:

Post a Comment