BETERNAK KAMBING DI PEMATANG TAMBAK DAN SAWAH

Banyak cara untuk membuka jalan bagi kesejahteraan masyarakat di pedesaan. Terlebih mayoritas masyarakat Lamongan berada di pedesaan. Salah satu upaya pemerintah setempat adalah dengan memberikan stimulus bantuan pemberdayaan.

Salah satunya adalah stimulus bantuan ternak di Desa Weduni Kecamatan Deket yang dikembangkan dengan unik. Yakni membuat kandang-kandang kambing bertingkat yang diletakkan di tegalan areal tambak.

Desa ini memang berada di kawasan bonorowo Lamongan. Tanah lapang adalah sesuatu yang langka di kawasan ini. Selain sungai dan rawa, pertanian yang berkembang di kawasan ini adalah perikanan.

Di Kawaan Ternak Kambing Terpadu Ramah Lingkungan Kelompok Kapal Mandiri di Dusun Kudu Desa Weduni, anggotanya membuat kandang-kandang kambing di atas tegalan sawah tambak. Ketika Bupati Fadeli mengunjungi kawasan ini, satu-satunya alat transportasi untuk bisa menuju kesana adalah dengan menggunakan perahu.

Disampaikan secara terpisah oleh Kepala Bappeda Aris Wibawa melalui Kabag Humas dan Infokom Mohammad Zamroni, di tahun 2011 dilaksanakan pengadaan kambing sebanyak 2.200 ekor di 11 desa di 3 kecamatan. Yakni di Kecamatan Ngimbang, Mantup dan Sambeng. Kemudian di tahun 2013 program pengembangan agribisnis peternakan kambing menambah bantuan 110 ekor di Desa Weduni/Deket dan Desa Dumpiagung/Kembangbahu. Sementara di tahun 2014 ini, akan diberikan bantuan sebanyak 512 ekor, di 14 desa yang berada di 13 kecamatan.

Sedangkan untuk budidaya itik dikembangkan melalui pola intensif dan konvensional. Bantuan sebanyak 20.000 ekor di tahun 2011 di 8 desa yang berada di Turi dan Kalitengah telah diberikan. Selanjutnya di tahun 2012 diberikan hibah kepada kelompok ternak pembudidaya itik sebanyak 10.000 ekor di Kecamatan Turi.

Pada pengembangan agribisnis peternak ayam ras petelur dilaksanakan di Desa Kedungkumpul/Sukorame dan Desa Puter/Kembangbahu sebanyak masing-masing 10.000 ekor di tahun 2013. Pada tahun 2014 ini bakal diberikan bantuan sebanyak 10.000 ekor ayam ras petelur di 6 desa di kecamatan Kedungpring, Modo, Sukorame, Kembangbahu, dan Mantup.

Berbagai program stimulus ini merupakan bagian dari Program Gerakan Membangun Ekonomi Rakyat Lamongan Berbasis Pedesaan (Gemerlap) di Kabupaten Lamongan yang telah berjalan sejak tahun 2011.

Gemerlap merupakan program daerah Kabupaten Lamongan dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa. Sekaligus penanggulangan kemiskinan dengan ditandai berkembangannya sentra-sentra industri ekonomi pedesaan sebagai wujud inovasi masyarakat pedesaan yang berkelanjutan.

Gemerlap juga merupakan salah satu program unggulan di Kabupaten Lamongan sehingga di tahun 2013 menerima Innovative Government Award dari Kementrian Dalam Negeri Dalam bidang peternakan, Gemerlap memberikan bantuan maupun pembinaan teknis budidaya itik, ayam ras petelur dan juga kambing.

0 comments:

Post a Comment