MENIKMATI DURIAN BAWOR SEBERAT 12 KG

Anda penggemar durian dan belum pernah mencicip durian seberat 12,5 kilogram? Anda harus ke Desa Alasmalang, Kecamatan Kemranjeng, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, karena di sana ada durian bawor berukuran raksasa.

Salah satunya adalah areal perkebunan durian milik Pak Sarno Ahmad Darsono yang lokasinya berada di jalur utama kota Purwokerto-Jogjakarta. Ada banyak varietas durian di sini. Saat puncak musim durian seperti sekarang ini, kebun pak sarno seperti surga bagi pecinta durian.

Ada durian impor monthong yang terkenal, ada durian emas, durian petruk dan lain-lain. Semuanya siap dipetik langsung dari pohon dan dinikmati. Tetapi ada durian yang paling istimewa di sini, yaitu durian Bawor.

Istimewa karena ukurannya yang raksasa. Durian matang bisa mencapai berat 12,5 kilogram. Dengan ukuran dan berat seperti ini, bisa dibayangkan daging buahnya, hmm..enaaak!

Varietas bawor ini diciptakan sendiri oleh Sarno. Dari berbagai jenis durian unggul, Sarno menciptakan bawor dengan teknik sarakapita, jadi batang tidak tunggal melainkan multi batang. Setelah benar-benar pas kualitas buahnya, baru dikembangkan secara generatif atau melalui biji-nya.

Dinamai Bawor karena nama ini adalah nama tokoh wayang yang khas menggambarkan ciri kabupaten Banyumas. Selain itu, Bawor juga tokoh yang berbadan gemuk dan lucu.

Soal harga, sebanding dengan ukuran dan rasanya, 35 Ribu Rupiah per kilogram. Tapi, kalau anda mau menanam sendiri harga bibitnya relatif murah, hanya 100 Ribu Rupiah per buahnya.

0 comments:

Post a Comment