TEH YUNGKE, MINUMAN TEH DARI DAUN KOPI

Anda ingin minum the atau kopi? Jika ingin minum keduanya, Anda bisa mencoba teh Yungke, yakni minuman teh yang terbuat dari daun kopi. Seperti kebiasaan warga di kampung Banaran Kabupaten Semarang Jawa Tengah, warga masih gemar minum teh yang terbuat dari daun kopi.

Cukup memetik daun kopi yang berada di sekitar rumah, warga membuatnya menjadi minuman yang sudah dilakukan secara turun temurun.

Minuman yang terbuat dari daun kopi tersebut, biasa disebut sebagai teh yungke. Sementara nama yungke itu sendiri, berasal dari bahasa jawa yang memiliki arti menurunkan ranting pohon agar daun mudah dipetik.

Untuk membuatnya, daun kopi yang sudah dipilih, dipanggang terlebih dahulu hingga berwarna layu. Baru setelah itu, daun kopi dicuci dan direbus hingga menghasilkan air yang berwarna coklat.

Sementara untuk menyajikannya, teh yungke ini biasa diseduh dengan gula jawa. Bahkan bagi warga yang sudah terbiasa mengkonsumsi, antara teh dan gula jawa, di diminum dan dimakan secara bergantian, alias tidak dicampur menjadi satu minuman.

Menurut warga setempat, teh yungke yang sudah berumur berabad tahun ini, sudah menjadi minuman kehormatan untuk menjamu tamu atau untuk disajikan dalam semua acara perkumpulan.

0 comments:

Post a Comment