TAS CANTIK DARI LIMBAH BOTOL PLASTIK

Limbah botol air mineral bagi kebanyakan orang di anggap sebagai sampah yang kurang bermanfaat. Namun, bagi ibu-ibu di Lamongan Jawa Timur, limbah botol air mineral bisa di sulap menjadi tas cantik berkualitas. Di samping untuk menjaga kebersihan lingkungan, pemanfaatan limbah botol air mineral tersebut mampu memberi penghasilan tambahan bagi mereka (19/10/2015).

Sejak 6 bulan terakhir, ibu-ibu rumah tangga kelompok PKK Desa Candisari Kecamatan Sambeng, Lamongan, selalu menyimpan dengan rapi limbah botol air mineral di rumahnya. Botol-botol ini bukan untuk di bakar atau di pasok ke para pengepul barang bekas, melainkan sebagai bahan baku aneka tas cantik.

Mengubah botol air mineral menjadi handicraft, sangatlah sederhana. Mula-mula, bagian atas botol dipotong. Potongan bagian atas tersebut merupakan bahan baku utama tas, karena strukturnya yang kuat hingga tak mudah rusak. Kemudian potongan ini di rangkai menjadi satu dengan menggunakan benang berwarna hingga menjadi bagian sisi tas.

sebagai proses akhir, pada bagian permukaan tas di pasang tutup dari kain warna serta hiasan lain dari pita. Tas unik ini pun siap di pasarkan.

Menurut ibu-ibu pengrajin, ide awal pemanfaatan limbah botol air mineral ini berawal dari banyaknya sampah botol yang berserakan di sekitar rumah mereka. Akhirnya, muncullah ide pembuatan kerajian tas ini. Bahkan, para ibu ini mengaku bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

dalam sehari, ibu-ibu ini mampu menghasilkan sepuluh hingga 20 aneka tas cantik dengan harga jual bervariasi antara 40 ribu hingga 60 ribu tergantung ukuran dan kualitas tasnya. Tas ini biasanya langsung terjual di tempat. Bahkan, tak jarang ibu-ibu ini harus bekerja lembur jika ada pesanan dalam jumlah besar.

0 comments:

Post a Comment