KERAJINAN TENUN LIDI ASAL CIAMIS TEMBUS PASAR ASIA DAN EROPA

Puluhan pengrajin Tenun Lidi di sentra kerajinan tenun lidi di Desa Panyingkiran, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menghasilkan berbagai tenun berbahan dasar lidi yang dibuat secara kreatif dan inovatif menjadi berbagai bentuk aksesoris mebeler.

Hasil karya para pengrajin tenun lidi antara lain kotak tempat tisue, kotak buku dan compac disc, tempat cucian, kotak perhiasan dan berbagai bentuk asesoris lainnya.

Hasil kreatifitas para pengrajin ini terlihat unik dan menarik, karena selain berbahan dasar lidi dan benang yang ditenun langsung menggunakan alat tenun tradisional, mereka juga membuat aksesoris secara manual menggunakan keterampilan tangan.

Salah seorang pemilik workshop Laksana Three Karya bernama Nuruh Huda mislanya, telah mempekerjakann sedikitnya 80 orang warga sekitar untuk membuat tenun lidi dan membentuknya menjadi berbagai karya kerajinan tangan yang unik dan menarik.

Nurul huda menjelaskan, selain untuk memenuhi pasar lokal, hasil karya tenun lidi itu juga kini bisa menembus pasar sejumlah negara di asia dan eropa. Sementara pasar lokal yang baru terpenuhi diantaranya, jakarta, bandung, jawa tengah dan yogyakarta. Inovasi yang dihasilkan dari tenun lidi tersebut, diantaranya wallpaper untuk dinding dan juga gorden. Sementara produk lainnya yang dihasilkan dari tenun lidi ini, dibandrol dengan harga cukup vareatif, mulai belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Banyaknya pengrajin tenun lidi di desa ini membuat pemerintah mencanangkan untuk membuat desa tersebut menjadi sentra wisata kerajinan tenun lidi di Kabupaten Ciamis.

0 comments:

Post a Comment