MEMBUAT BUBUR HARISAH, BUBUR KAMBING PENAMBAH STAMINA KAUM PRIA

Bubur harisah, ternyata bukan hanya milik masyarakat timur tengah saja. Di Gresik Jawa Timur, sejumlah warga telah menjual bubur yang di yakini bisa menambah stamina kaum pria itu, lebih dari 25 tahun lamanya. Bahkan, cara memasaknya masih menggunakan alat-alat tradisional.

Di rumahnya di Desa Bungah Kecamatan Bungah, Gresik, seorang ibu rumah tangga bernama, Anisah memasak bubur harisah bersama 5 orang karyawannya. Anisah, telah menggeluti usaha membuat bubur harisah, lebih dari 25 tahun lamanya. Selama itu pula, usahanya bisa di bilang lancar. Bahan utama bubur harisah adalah daging kambing yang berusia 3 tahun lebih. Daging kambing ini, di masak dalam tungku dan panci besar selama kurang lebih 5 jam. Bahan-bahan lain yang tak kalah pentingnya adalah gandum, tepung beras dan tepung ketan, bawang putih, merica, jahe, cengkeh, kapulogo serta minyak samin.

Dengan perbandingan gandum dan daging kambing satu berbanding tiga, sehingga daging harus benar-benar menyatu dengan tepung. Proses pembuatannya memang cukup rumit. Pertama biji gandum dicuci lalu direndam selama dua jam. Perendaman harus maksimal, agar ketika diaduk jadi satu dengan bahan lain gandum bisa meresap bumbu. Setelah itu, baru gandum direbus bersama daging kambing dan bahan lainnya selama 5 jam hingga biji gandum mekar dan daging kambingnya lumer.

Proses membuat harisah siap saji ini, membutuhkan waktu kurang lebih 8 jam untuk 2 kwintal bubur harisah. Rentang waktu serta beratnya adonan bubur, mengharuskan pekerjaan ini di tangani kaum pria. Apalagi, kaum pria lah yang selama ini banyak menikmati khasiat bubur asal Timur Tengah ini.

Bubur harisa aromanya juga sangat khas. Rasanya sangat gurih dengan citarasa kuat pada daging dan gandum. Untuk menetralisir agar tidak terlalu gurih, biasanya disediakan bubuk gula yang bisa dicampur sesuai selera. Menurut para penikmatnya, pengaruh daging kambing serta bumbu yang komplit membuat kondisi tubuh terasa lebih segar sesaat setelah menyantap bubur harisah.

Salah satu keunikan bubur harisah milik Anisah ini adalah alat yang di gunakan dalam memasak, masih menggunakan alat tradisional, seperti tungku tanah liat, bahan bakar kayu pohon bakau serta alat adonan berupa beberapa bilah bambu.

0 comments:

Post a Comment