BUDIDAYA LEOPARD GECKO, TOKEK BERHARGA JUTAAN RUPIAH

Apa yang anda bayangkan dengan binatang bernama tokek? Tentu bunyinya yang khas. Tetapi, tahukan Anda, jika jenis tokek yang berasal dari Pakistan atau Leopard Gecko harganya bisa mencapai 12 juta rupiah? Harga yang menakjubkan untuk seekor tokek. Karena harganya mahal, Leopard Gecko dibudidayakan.

Berton, warga Wangon Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sudah setahun membudidayakan leporad gecko. Hewan ini memang spesial, berasal dari Pakistan, Iran dan India, bentuk dan ukurannya memang beda dengan tokek umumnya, lebih besar dan kulitanya lebih licin. Lebih mirip iguana dibanding tokek.

Habitat aslinya di gurun dan pegunungan kapur. Ini juga yang membuat Leopard Gecko harus dipelihara di pasir kalsium yang ditempatkan di dalam vivarium, sejenis akuarium bisa menggunakan kaca atau wadah plastik biasa.

Memelihara Leopard Gecko gampang-gampang susah. Seperti reptil lainnya, tokek ini juga harus memiliki tempat sembunyi, jika tidak maka akan stress. Hewan malam atau nocturnal ini biasa diberi makan dan aktif pada malam hari. Yang dewasa makanannya jengkerik sekitar 10 ekor per hari, sedangkan yang masih kecil cukup diberi tiga ekor ulat hongkong, atau ulat yang biasa untuk pakan burung.

Selain pakan yang cukup, tokek ini juga harus rajin dikeluarkan untuk berjemur meski angan terlalu lama. Ini untuk menghindari gangguan pernafasan karena udara lembab. Di dalam kandang juga wajib tersedia terus air untuk minum.

Untuk mengawinkan si leopard, bisa dengan perbandingan satu tiga untuk jantan dan betina di dalam satu kandang. Jangan mencampurkan dua pejantan dalam satu kandang karena akan terjadi persaingan menjadi perkelahian yang mematikan. Setelah beberapa hari, Gecko betina akan bertelur. Pisahkan telur di kandang penetasan untuk beberapa minggu telur akan menetas.

Selian kebersihan kandang, pakan mengandung vitamin dan mineral sangat penting. Gecko ini membutuhkan banyak kalsium untuk ketahanan tubuhnya, maka saat memberi pakan jangkrik misalnya bisa dilumuri kaslium terlebih dahulu. Ulat sutera dan ulat bambu juga bisa diberikan tetapi jangan terlalu banyak karena mengandung lemak tinggi.

Anda tahu berapa harga tokek ini? Untuk yang masih kecil saja sudah dihargai 250 ribu per ekor. Berton pernah menjual Leopard Gecko dewasa seharga 12 juta rupiah. Angka yang fantastis untuk seekor tokek. Anda tertarik? Jangan tunggu mengambil keputusan dengan mendengar bunyi tokek, tokek-tokek-tokek.

0 comments:

Post a Comment