KERUPUK TULANG IKAN NILA BERKALSIUM TINGGI

Mendengar kata Kerupuk biasanya sering dijumpai irisan tipis dari umbi dan buah maupun sayuran seperti singkong, kentang dan lain sebagainya. Namun di Sukabumi Jawa Barat ada Kerupuk dari duri,tulang,cucuk ikan Nila, padahal duri ikan biasanya menjadi limbah yg sering dibuang karena selain tajam juga tak biasa dikonsumsi.

Adalah Kelompok Wanita Tani "Saluyu" di Kampung Babakan Limbangan, Sukaraja, Sukabumi, membuat Kerupuk ikan Nila. Ibu-ibu PKK ini mulai memasarkan Kerupuk tulang ikan Nila ini ke berbagai daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Anda tak perlu khawatir akan tertusuk duri ikan, karena duri ikan sudah lembut dan terasa renyah.

Dengan melimpahnya panen ikan Nila di sekitar sukaraja,sukabumi berbagai macam makanan berbahan ikan Nila banyak dijumpai. Tak ketinggalan pula, kelompok wanita tani saluyu memanfaatkan duri ikan,cucuk ikan Nila menjadi produksi makanan sebagai cemilan maupun makanan ringan.

Cara pembuatannya cukup mudah. Mula-mula, ikan Nila yg sudah dibersihkan dan diambil dagingnya maupun kepalanya yg sudah berupa duri,cucuk ikan dimasukan ke adonan berupa tepung serta bumbu2 racikan yg selanjautnya digoreng hingga kering,setelah dingin kembali digoreng kembali hingga lebih kering supaya renyah.

Pembuat Kerupuk duri ikan Nila, Nurhayati yg juga pimpinan Kelompok Wanita Tani Saluyu mengatakan membuat Kerupuk cucuk ikan Nila ini adalah memanfaatkan limbah ikan berupa duri,tulang nya yg biasa dibuang dg berbagai ramuan disulap menjadi Kerupuk tulang ikan Nila yg rasanya renyah garing serta aman dikonsumsi karena mengandung kalsium tinggi setara minum susu murni. Harga perbungkus kerupuk duri Nila ini dijual Rp.5000, perbungkus.

0 comments:

Post a Comment