TERNYATA LALAT BISA MENJADI OBAT DIARE. INI BUKTINYA!

Siapa mengira, hanya gara-gara lalat, Dua Pelajar SMA Negeri 2 Lamongan Jawa Timur menyabet medali emas dalam olimpiade peneliti muda di Georgia April lalu. Kedua pelajar tersebut menjadikan lalat sebagai bahan dasar obat untuk penyakit diare. Selain sebagai penyebab penyakit, ternyata di dalam tubuh lalat terdapat bakteri antibiotik yang berfungsi memperkuat sistem pertahanan tubuh (07/05/2016.)

Adalah Arum Ratna Wilis dan Alfian Nurfaizi, siswa SMAN 2 Lamongan ini mewakili Indonesia menyabet medali emas pada olimpiade peneliti muda di Georgia yang diikuti tiga puluh lima negara. Kedua pelajar ini berhasil menemukan obat diare dari lalat rumah.

Penelitian karya ilmiah mereka berawal dari kondisi lalat yang selama ini dikenal sebagai binatang menjijikkan bagi kebanyakan orang karena hidupnya di tempat-tempat yang kotor. Namun lalat tidak pernah terserang bakteri maupun virus berbahaya sekalipun, meski berada di tempat yang kotor.

Setelah melakukan penelitian mulai oktober hingga desember tahun 2015 lalu, Arum dan Alfian mendapati dalam tubuh lalat terdapat bakteri antibiotik bernama actinomicetes yang berfungsi memperkuat sistem pertahanan tubuh.

Proses pembuatan obat diare berbahan dasar lalat rumah ini cukup mudah dan bisa dilakukan oleh masyarakat awam. Pertama yang harus disediakan adalah lalat rumah. Kemudian lalat ersebut di rendam dalam air murni selama dua puluh empat jam di dalam inkubator maupun kulkas. Setelah itu air disaring kemudian di masukkan kedalam botol-botol kecil.

Untuk memastikan obat diare dari lalat ini benar-benar bekerja efektif, dua peneliti muda ini telah melakukan percobaan pada tiga ekor tikus dan dua puluh lima manusia. Dari percobaan tersebut disimpulkan bahwa obat diare berbahan lalat rumah ini bekerja dan tidak memiliki efek samping termasuk pada anak-anak dan ibu hamil sekalipun.

Untuk menggunakan obat ini harus sesuai dosis yang dianjurkan, yakni balita satu tetes, anak-anak dua tetes dan dewasa tiga tetes.

Hasil penelitian para pelajar ini diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat luas. Selain itu penelitian dua pelajar sma negeri lamongan ini diharapkan bisa menjadi landasan untuk meneliti berbagai spesies lalat yang bisa dijumpai disekitar tempat tinggal manusia. (Ide Kreatif)

0 comments:

Post a Comment