NIKMATNYA CAMPOR LORJUK KHAS PANTAI SELATAN MADURA

Bila anda penikmat makanan ikan laut, tidak ada salahnya untuk mencicipi masakan Campor Lorjuk di Desa Pademawu Kabupaten Pamekasan Madura. Selain nikmat, Campor Lorjuk di percaya mampu meningkatkan stamina kaum pria, karena mengandung banyak gizi terutama kaya akan protein.

Ikan Lorjuk adalah salah jenis ikan yang banyak berkembangbiak di pantai selatan Pulau Madura. Saat air laut surut, para ibu ibu rumah tangga disekitar pesisir pantai, biasanya memanfaatkan waktu mereka mencari ikan Lorjuk. Selain untuk kebutuhan makanan sendiri, Lorjuk biasanya dijual kepada pedagang Lorjuk. Ikan Lorjuk ini terdapat di dalam pasir pantai. Karena itu untuk mendapatkannya, para ibu ibu rumah tangga ini menggalinya dengan linggis.

Bagi warga Desa Pademawu, Lorjuk yang kaya protein dibuat lauk pauk, atau makanan has. Salah satunya adalah Campor Lorjuk. Sejak dulu kecamatan pademawu selalu identik dengan makanan hasnya Campor Lorjuk. Di beberapa warung warung makanan kita akan mendapatkan makanan hasnya Campor Lorjuk.

Salah satunya di rumah Ibu Rohailah. hampir setiap hari terutama hari minggu, desa pademawu selalu ramai dengan warga yang sedang jalan jalan ke Pantai Jumiang untuk sekedar mencicipi makanan has Campor Lorjuk. Warga yang datang ketempat ini biasanya adalah mereka yang ketagihan untuk mencicipi Campor Lorjuk.

Proses pembuatan Campor Lorjuk sederhana. Setelah dikeringkan dan di buang kulitnya, Lorjuk yang diperoleh dari pinggir pantai ini di goreng di atas wajan kurang tiga lebih tiga menit, Selanjutnya lalu diberi bumbu, bawang putih, bawang merah, jahe, pala dan cabe merah serta campuran kecambah, mie dan, krupuk.

Harga satu porsi Campor Lorjuk juga sangat terjangkau, terutama bagi pengunjung yang datang ke desa ini, yaitu hanya 5000 Rupiah. Sedangkan waktu berkunjungpun mulai panggi hingga sore hari. Jadi bila anda sedang berjalan jalan ke Kota Pamekasan tidak ada salahnya mencicipi masakan has yang satu ini.

0 comments:

Post a Comment