PESONA KEINDAHAN DANAU RAWAPENING DAN KEUNIKAN RUMAH APUNG DITENGAH RAWA

Danau Rawapening di kabupaten Semarang, Jawa Tengah menyimpan berjuta pesona bagi para wisatawan yang mengunjunginya. Udara sejuk dan pemandangan nan eksotis membuat wisatawan nyaman berada di tengah danau terbesar di kabupaten Semarang tersebut. Sejumlah keunikan seperti rumah apung dan karamba ikan, menambah kenyamanan para pengunjung (31/12/2016.)

Dari Dermaga yang cukup sederhana di bibir rawa, belasan perahu motor milik warga sekitar Rawapening, siap mengantar para wisatawan berkeliling danau Rawa. Dengan biaya sebesar 60 ribu rupiah untuk menyewa sebuah perahu motor berkapasitas 6 orang kita bisa berkeliling danau Rawapening. Meski tarif yang ditawarkan cukup murah, namun sensasi yang didapatkan bukan murahan, sehingga tak akan membuat para wisatawan kecewa.

Faktor keselamatan tetap menjadi nomor satu, untuk itu para wisatawan pun diwajibkan menggunakan pelampung saat menaiki perahu motor. Deru suara mesin perahu motor dan hembusan angin Rawa yang cukup kencang akan langsung menyambut para wisatawan saat perahu mulai berjalan meninggalkan dermaga. Hamparan enceng gondok yang menutup sebagain danau Rawapening, akan menjadi pemandangan penyambut yang cukup indah saat kita mulai berjalan menyusuri danau Rawapening ini.

Sekitar 5 menit menyusuri danau Rawapning, perahu pun sampai di komplek karamba yang dikelola oleh warga. Di komplek karamba ini, para wisatawan bisa melihat berbagai jenis ikan tawar yang dibesarkan di danau Rawapening ini. Ikan nila dan ikan gurame, menjadi komoditi paling dbanyak dipilih oleh warga untuk dibesarkan ditengah tengah danau Rawapening ini.

Para wisatawan juga bisa melihat rumah karamba yang cukup unik, karena dibangun diatas air dengan penopang puluhan drum kosong yang dirangkai menjadi satu sehingga bisa menjadi pondasi rumah apung yang cukup kuat.

Susilo, warga yang sudah 7 tahun memulai usaha pembesaran ikan ditengah danau Rawapening ini, mengaku banyak sekali wisawatan yang mengunjungi karambanya. Dan tak sedikit dari mereka yang menginginkan adanya tempat untuk menginap maupun rumah makan yang ada ditengah Rawapening, karena keindahan pemandangan dari tengah Rawapening.

Setelah puas melihat keramba pembesar ikan ditengah danau Rawapening dan melihat keunikan rumah apung, saatnya wisatawan kembali berkeliling danau Rawapening. Banyak hal menarik yang bisa dilihat oleh wisatawan ditengah danau Rawapeing ini. Seperti kegiatan para nelayan yang mencari enceng gondok ini misalnya.

Sebagian besar para nelayan di danau Rawapening ini memang berprofesi sebagi pencari enceng gondok. Hal ini disebabkan populasi enceng di danau Rawapeing ini sudah menutupi hampir setengah dari luas danau, dan enceng gondok memiliki nilai ekonomis yang cukup baik jika dijual kepada para pengepul. Itulah mengapa jika kita sedang ditengah danau akan sering menjumpai melayan membawa enceng gondok dengan perahu mereka.

Pesona keindahan bukit cinta, akan terlihat dari tengah danau Rawapening ini. Karena lokasinya yang tepat ditepi danau, maka kita bisa melihat patung ular raksasa terlihat mengelilingi setengah dari.

Nah bagi anda yang mencari lokasi berlibur di kabupaten Semarang, tak ada salahnya untuk menikmati pesona alam bukit cinta Rawapening, yag ada di desa rowoboni, kecamatan banyubiru, kabupaten Semarang.



digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...