SENSASI WISATA SUSUR SUNGAI BAKAU BALIKPAPAN

Berwisata pada dasarnya tidak harus mahal dan dapat dilakukan di mana saja. Sekedar menyusuri anak sungai hingga muara, ternyata dapat menjadi kegiatan wisata tersendiri yang sangat menyenangkan.

Susur sungai bakau kali ini dilakukan di Hutan Mangrove Graha Indah, kawasan mangrove yang terletak di bagian utara kota Balikpapan.Yang menarik, tempat ini bukanlah kawasan wisata komersial, melainkan adalah hutan bakau hasil konservasi garis pantai di tahun 90-an yang kini sudah menunjukkan keindahannya.

Lokasi tepatnya pun terletak tepat di belakang pemukiman warga. Kapal yang digunakan pun merupakan kapal ikan yang disewa dari para nelayan. Kendati begitu, kegiatan susur mangrove ini tak sedikitpun mengurangi kenikmatanberwisata.

Sekedar menikmati pemandangan nan asri atau menyalurkan hobi fotografi, ternyata dengan susur Mangrove ini cukup efektif mengurai ketengangan saraf setelah sepekan bergelut dengan rutinitas kerja.

Meskipun santai dan menyenangkan, peserta harus tetap waspada. Peserta dilarang memasukkan anggota badan ke dalam air. Sebab sungai Mangrove ini terhubung langsung dengan muara teluk Balikpapan yang merupakan habitat alami buaya muara.

Dari sini peserta dapat belajar. bahwa hutan mangrove melindungi kota Balikpapan dari erosi laut serta angin putting beliung. Hutan Mangrove juga menjaga keharmonisan habitat di sekitarnya. Jika terus lestari. hutan ini ke depan dipastikan mampu memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitarnya.

0 comments:

Post a Comment