WISATA EDUKASI TAMAN KUPU-KUPU PALEMBANG

Palembang menjadi daerah kelima yang memiliki taman Kupu-Kupu disamping 4 kota ainnya di Indonesia. Meski koleksinya masih minim, namun taman ini menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Palembang, untuk dapat melihat kecantikan hewan yang memiliki warna bermacam-macam itu.

Taman wisata edukatif itu berada di daerah Gandus, atau sekitar 20 menit dari pusat kota Palembang selalu ramai dikunjungi warga yang ingin melihat koleksi taman Kupu-Kupu tersebut.

Taman Kupu-Kupu yang memiliki luas 1000 meter persegi ini diyakini merupkan taman Kupu-Kupu kelima terbesar di Indonesia, setelah di Bali dan Bandung, dan taman kedua setelah Lampung di Pulau Sumatera.

Di taman ini pengunjung dapat melihat dari dekat sekiat 200 ekor Kupu-Kupu dari 11 jenis, yang ditangkarkan sendiri oleh pengelolanya, ruangan penagkarannya pun berada di dalam taman, dengan ruangan tersendiri yang dibuat sedemikan rupa sehinga kepompong dapat berkembang.

Namun karena masih baru, jenis atau koleksi Kupu-Kupunya masih seragam mulai dari warna sayapnya, yang terlihat lebih banyak dominan hitam.

Pemerintah kota Palembang yang merancang taman Kupu-Kupu tersebut memang merencanakan untuk terus mengembangkan taman Kupu-Kupu tersebut, karena lahan yang ada masih cukup luas, termasuk membangun infrastruktur jalan menuju lokasi tersebut.

Data Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia (LIPI) menyebutkan, sekitar 1.600 jenis dari 17.500 jenis Kupu-Kupu di dunia ada di Indonesia, peluang inilah yang membuat pontensi wisata edukasi untuk taman Kupu-Kupu dapat berkembang.

0 comments:

Post a Comment