MANFAAT TEMULAWAK DAN KUNYIT BAGI KESEHATAN

Banyak yang menggunakan obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit dengan alasan bahwa obat herbal lebih aman dibandingkan obat kimia. Negara yang paling terkenal dengan penyembuhan alternatif menggunakan obat herbal adalah Cina.

Seperti diketahui obat herbal telah membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Meski obat tersebut tidak memiliki klaim terapi, namun obat herbal masih menjadi pilihan utama sebagai obat yang paling aman dan efektif untuk digunakan.

Diantara jenis umbi-umbian yang tidak diragukan khasiatnya adalah temulawak dan kunyit:
1. Temulawak
Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb) yang termasuk dalam keluarga Jahe (zingiberaceae), Karakteristik temulawak tumbuh sebagai semak tanpa batang, mulai dari pangkalnya sudah berupa tangkai daun yang panjang berdiri tegak.

Dengan Bau harum dengan rasa sedikit pahit pedas, menjadikan Temulawak sudah lama digunakan secara turun temurun untuk mengobati sakit kuning, diare, maag, perut kembung dan pegal-pegal. Terakhir juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan lemak darah, mencegah penggumpalan darah sebagai antioksidan dan memelihara kesehatan dengan meningkatkan daya kekebalan tubuh.

2. Kunyit
Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan yang tersebar di seluruh daerah tropis, tanaman kunyit tumbuh subur dan liar disekitar hutan atau bekas kebun. Kunyit berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal, dan menyembuhkan kesemutan.

Manfaat utama tanaman kunyit, yaitu sebagai bahan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik, bahan bumbu masak, peternakan dan lain-lain. Disamping itu tanaman kunyit juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor, dan menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol, serta sebagai pembersih darah.

0 comments:

Post a Comment