MENELURUSI KEINDAHAN PANTAI BENTENG PORTUGIS YANG EKSOTIS

JEPARA - Benteng Portugis yang terletak di desa Banyumanis Kecamatan Donorojo kabupaten Jepara Jawaf Tengah, merupakan salah satu tempat wisata favorit yang penting untuk anda kunjungi. Bekas bangunan benteng yang dibangun diatas bukit batu dipinggir laut tersebut, memiliki panorama pantai yang indah dan di depan pantai juga terdapat sebuah pulau yang cukup menawan yaitu pulau Mandalika.

Lokasi Benteng Portugis berjarak 45 km di sebelah timur laut Kota Jepara, atau butuh waktu 1 jam lebih untuk mencapainya. Lokasi parkir kendaraan di halaman pintu gerbang benteng, sangat luas. Di sini, kita bisa mengabadikan lewat foto dengan latar belakang pintu gerbang benteng. Namun, jangan salah, Pintu Gerbang tersebut merupakan bangunan baru yang di bangun Pemkab jepara untuk mengenang bentteng portugis yang kini hanya tersisa pondasinya saja.

Benteng Portugis dibangun pada tahun 1619 setelah jatuhnya kota Jayakarta ke tangan penjajah Belanda. Sultan Agung, Raja Mataram saat itu merasakan bahaya yang mengancam dari situasi jatuhnya kota Jayakarta tersebut. Karena kekalahan berturut-turut membuat Sultan Agung berpikir jika Belanda hanya bisa dikalahkan lewat serangan darat dan laut secara bersamaan, sehingga perlu adanya bantuan dari pihak ketiga yang juga berseteru dengan VOC yaitu Bangsa Portugis.

Namun Bangsa Portugis tidak lama menempati benteng tersebut dikarenakan banyaknya gangguan yang memakan korban salah satunya yaitu pusaran air laut yang menurut cerita rakyat merupakan gerbang siluman yang banyak memakan korban.

Berwisata ke Benteng Portugis sangatlah mengasyikkan dimana anda bisa menyaksikan replika bangunan tingkat dunia yaitu buatan bangsa portugis. Panorama pantainya juga tidak kalah bagusnya dengan pantai-pantai lain di Jepara seperti pantai Kartini.

Bermain air ditepian pantai sembari berfofo ria merupakan hal yang digemari para pengunjung. Yang genar berselfi ria, lokasi ini sangat cocok. Apalagi deburan ombak dengan latar belakang pulau Mandalika yang penuh misteri, sangat bagus diabadikan.

DI lokasi ini juga terdapat sebuah bukti kecil yang dahulu digunakan sebagai pertahana utama Benteng. Mungkin karena tempatnya yang tinggi, para tentara bisa dengan mudah melihat gerak gerik lawan. Udaranya yang sejuk akan menemani anda bersantai diatas bukit.

Tempat wisata Benteng Portugis Jepara dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 pagi hingga 18.00 sore dengan retribusi sebesar 5.000 rupiah. Bagi anda yang sudah penat dalam bekerja, atau ingin rekreasi bersama keluarga tak ada salahnya mengunjungi tempat wisata alam yang indah dan bersejarah ini.

0 comments:

Post a Comment