MENIKMATI KEINDAHAN WISATA AIR TERJUN SONGGOLANGIT

Bagi anda yang rindu suasana alam dengan bunyi gemercik air , tak ada salahnya mengunjugi Wisata Air Terjun Songgolangit yang terletak di desa Bucu Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kawasan wisata yang berjarak sekitar 30 kilometer sebelah utara pusat kota Jepara ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4 dengan kondisi jalan beraspal yang cukup baik (4/1/2017.)

Dinamakan Songgolangit, karena jika dilihat sepintas dari bawah, maka air terjun ini seolah-olah menyangga langit diatasnya.

Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter dan lebar 2 meter yang dilengkapi kolam air penampungan alami. Kolam penampungan sedalam 3 meter lebih ini sering memakan korban jiwa. Karena itu, pihak pengelola memasang peringatan larangan mandi.

Susunan bebatuan serta rindangnya pohon di sekitar lokasi menjadikan tempat ini sangat bagus bagi mereka yang suka berselfi-ria. Dengan kondisi alam yang masih asri dan jauh dari tangan-tangan jahil, membuat kawasan wisata air terjun ini sangat indah dinikmati. Selain itu, disekitar air terjun dapat dijumpai beragam kupu-kupu dan aneka pohon paku yang menjadi ciri khas daerah pegunungan.

Sebagaimana air terjun lain, waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah pada musim penghujan agar kita bisa melihat derasnya air yang terjun. Bahkan, suara deru air terjun bisa terdengar hingga radius 1 kilometer.

Meski ada larangan mandi di bawah air terjun, ada beberapa tempat yang bisa di gunakan untuk mandi dan bermain air di tempat ini. Salah satunya air terjun kecil dekat dengan air terjun utama. Namun, perlu ke hati-hatian karena bebatuan yang ada cukup licin.

Di sekitar lokasi air terjun ini terdapat beberapa fasilitas umum seperti area parkir yang cukup luas, beberapa warung penjual makanan dan minuman, serta toilet umum.

0 comments:

Post a Comment