KOMUNITAS LINTAS IMAN GELORAKAN KERUKUNAN MELALUI TANAM POHON

GResik - Bertempat di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI), Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, berbagai elemen masyarakat Lintas Iman, Pemda Gresik, perusahaan/BUMN dan seluruh lapisan masyarakat bergotong-royong menanam 1.500 bibit pohon, Minggu (26/3/2017.)

Menurut Koordinator Panitia, Djoko Pratomo, Gerakan tanam pohon tersebut menjadi salah satu ikhtiar bukan saja dalam merawat dan melestarikan lingkungan sehat tetapi juga ikhtiar menuju kehidupan yang damai dalam lingkup Bhinneka Tunggal Ika sebagai bagian dari misi kebangsaan yang rahmatan lil alamin.

"Kita yang menanam pohon ini terdiri dari berbagai elemen dan tokoh masyarakat serta organisasi lintas iman. Harapannya dengan merawat Bumi sekaligus merawat kebhinekaan, ujar Djoko.

Djoko menambahkan sengaja memilih desa Campurejo sebagai pusat kegiatan gerakan Nusantara tanam pohon ini karena melihat wilayahnya masih sangat minim tanaman terutama dipinggir pantai.

Jenis pohon yang ditanam, 70%-nya adalah jenis pohon kayu. Sedangkan sisanya adalah pohon serbaguna seperti pohon Tanjung, Kenari, Glodokan Tiang, Sirsak, Mahoni, Mindi dan lain sebagainya.

Dandim 0817 Gresik, Letkol Kav Widodo Pujiyanto yang hadir di lokasi tanam pohon mengatakan, sangat bangga dengan gerakan tanam pohon ini dan berharap pohon yang sudah ditanam agar dirawat supaya bisa bermanfaat wbagi generasi mendatang.

"Saya berharap, bukan hanya bumi Gresik yang hijau namun keberagaman masyarakatnya juga terjaga dengan rukun dan damai, ujarnya.

Sementara kepala desa Campurejo, Aminuddin mengaku sudah pernah melakukan penghijauan di wilayahnya namun tanamannya selalu mati. Karena itu Aminuddin senang ada kegiatan tanam pohon. "Dulu kita pernah mengadakan gerakan tanam pohon namun mati semua karena tidak terawat. Untuk yang kali ini, kita akan merawat sampai besar," tandasnya.(mzn)



digg it
buzz yahoo
google
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
reddit

0 comments:


Post a Comment

Posting Terakhir

 
  • Melukis Daun Banyaknya daun kering berjatuhan akibat musim kemarau, mengispirasi siswa sekolah dasar di Gresik Jawa Timur, melukis di daun kering. Dengan kegiatan ini, siswa bisa memahami, jika sampah daun, bisa di manfaat....
  • Sharing Foto di Yahoo Messenger Yahoo Messenger atau yang sering disingkat dengan YM memiliki fasilitas untuk share picture kepada chatter lain. Dengan demikian jika dua chatter saling melakukan Private Message, maka keduanya bisa saling...
  • Mujaher Korek Menu ikan panggang banyak di jumpai di sejumlah daerah. Namun, menu ikan mujaher panggang dengan sambal terasi pedas khas Jawa Timuran, hanya ada di Lamongan. Mujaher panggang hadir dengan....
  • Batik Gorga Khas Batak Memadukan motif khas Batak dengan aneka warna, bengkel kreasi yang telah berdiri sejak tahun 2008 lalu, menghasilkan aneka ragam kain batik khas tanah Batak yang memiliki nilai estetika yang cukup tinggi....
  • Awet Muda Dengan Pisang Getuk merupakan makanan tradisional, umumnya terbuat dari singkong. Namun, warga di kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Karangreja,...