PERMEN IKAN BERGIZI TINGGI UNTUK KECERDASAN OTAK ANAK

Pada umumnya, permen terbuat dari bahan utama gula atau coklat. Namun, di Yogyakarta, seorang pemuda bisa menyulap daging ikan menjadi permen. Selain rasanya yang enak, permen ikan tersebut tentu lebih bergizi dan berguna bagi perkembangan otak anak karena mengandung omega.

Cita rasanya yang khas, dan dapat dinikmati sambil bermain, menjadikan permen sebagai idola cemilan mereka. Namun, harus diakui, tak sedikit permen yang justru bisa merusak kesehatan anak, karena terbuat dari campuran bahan kimia yang berlebihan. Risau dengan hal itu, seorang pemuda, warga bausasran yogyakarta, Nugi hanggara, kemudian berimprovisasi dengan menciptakan permen dari bahan-bahan alami.

Sesuai dengan namanya, Perjaka alias Permen Jeli Rasa Kakap, Nugi yang dibantu oleh seorang karyawan, kemudian menjadikan daging ikan kakap sebagai bahan utama pembuatan permen. Caranya, daging ikan kakap yang telah dipotong-potong, kemuda dicampur dengan irisan sayur dan buah-buahan, kemudian diblender hingga halus. Usai diblender, adonan ikan kakap, sayur dan buah-buahan ini, lantas dicampur dengan gula dan gelatin, serta dipanaskan hingga mendidih.

Setelah mendidih, adonan kemudian dimasukkan ke dalam cetakan permen, dengan variasi bentuk-bentuk yang unik, dan menarik selera anak-anak. Setelah dirasa cukup keras, adonan pun dipisahkan dari cetakannya. Jadilah permen jeli rasa kakap yang sehat, dan bernilai gizi tinggi. Menurut Nugi, campuran buah-buahan dalam adonan, menjadikan permen ini tidak berbau amis, dan bisa menjadi solusi, bagi anak-anak yang sulit mengkonsumsi ikan.

Permen ikan kakap, ciptaan Nugi hanggara ini, memang, barulah diproduksi dalam jumlah sedikit, dan masih dalam tingkatan home industri. Meski demikian, anak-anak disekitar kawasan bausasran, yogyakarta, sudah menjadi pelanggan tetap permen ikan ini. Tak jarang, mereka kerap datang langsung ke rumah Nugi, untuk sekedar berbelanja permen ikan. Soal harga, relatif terjangkau. Permen ini dibandrol seribu rupiah per bungkus.

Berbeda dengan permen lainnya, yang bisa bertahan hingga berbulan-bulan, permen ikan rasa kakap buatan Nugi hanggara ini, ternyata hanya bisa tahan dalam waktu sebulan. Meklum saja, permen ini seratus persen terbuat dari bahan alami, dan tidak menggunakan bahan kimia sedikit pun. Nugi berharap, suatu saat, permen ini bisa diproduksi dalam jumlah lebih besar lagi menggunakan mesin-mesin pabrikan yang lebih canggih.

0 comments:

Post a Comment