GULAI IKAN KARANG YANG BIKIN KETAGIHAN

Di Padang Sumatera Barat, tepatnya di Jalan By Pass Km -8 terdapat sebuah warung yang menyediakan khusus masakan gulai ikan karang. Menu andalannya yang banyak disukai pelanggan adalah gulai kepala ikan. Warung sederhana milik Haji Bujanir Datuk Mangkudum Satiter sebut selalu ramai dikunjungi oleh pelanggan setianya.

Ikan-ikan tersebut dipasok langsung dari para nelayan yang khusu menagkap ikan karang dikawasan pelabuhan bungsu teluk kabung padang. Ikan -ikan yang disedikan juga bermacam-macam, mulai dari ikan gerapu, kakap, gobi dan lain-lain. Ikan tersebut dibeli 80 hingga 9o ribuan perkilogramnya. Ikan tersebut diterima warung sudah terpotong-potong sesuai pesanan.

Warung ini akan selalu ramai pas makan siang. Harga yang diwarkan juga bervariasi, mulai dari 12 ribu hinggga 25 ribu rupiah perporsinya dengan ditambah nasi . Namun jika kepala ikannya lebih besar bisa mencapai 90 ribuan rupiah perporsinya . Para pelanggan gulang ikan karang ini mengaku selalu ketagihan setelah mencicipi gulai disini. Karena rasanya jauh beda dengan ikan-ikan laut pada umumnya. Kenikmatan gulai ikan karang akan membuat penikmatnya ketagihan.

Pemilik warung, Haji Bujanir Datuk M Sati mengaku omsetnya perhari bisa jutaan rupiah. Warung gulai ikan karang ini telah berjalan lebih dari 8 tahunan. Pengerjaannya juga dibantu beberapa orang pekerja, dan setiap harinya mengahabiskan seratusan kilogram lebih. Proses maska-memask dilakukan mulai dari pagi hari dan membutuhkan waktu selama 2 jam. Bumbu-bumbu yang digunakannya juga tidak berpa jauh beda dengan pembuatan gulai pada umumnya, yaitu pakai santan, cabe, bawang dan bumbu dapur lainnya. Uniknya, penyajian gulai ikan karang ini makin enak pas baru masak dan masih panas. Pelayanpun langsung mengambilnya dari dalam kuali.

Untuk menambah nikmatnya, juga disediakan sayuran. Masakan ini lebih enak dicicipi bersama keluarag. Jika anda tidak sempat makan diwarung, gulai ikan tersebut juga dapat dibungkus untuk oleh-oleh buat keluarga.

0 comments:

Post a Comment