DANRAMIL AJAK WARGA PAHAMI SEJARAH BANGSA

GRESIK - Sekitar 100 orang warga kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik yang terdiri dari berbagai unsur kemasyarakatan larut dalam paparan komandan Koramil setempat, Kapten Sali mengenai wawasan kebangsaan, yang berlangsung di Aula Koramil Kebomas, Jumat (19/5/2017.)

Saat menyampaikan paparannya, Danramil mengawalinya dengan sejarah awal mula kemerdekaan. selanjutnya para tokoh membuat kesepakatan dan membentuk dasar negara serta UUD 45, termasuk tarik ulur kelompok.

"Saat itu ketika akan memasukkan kalimat "dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya" ternyata utusan dari Indonesia timur menolak, dan kalau pihak Islam memaksakan kata tadi, maka Indonesia timur tidak mau bergabung.

"Ini kan bentuk dari bapak bapak kita mau bersatu dalam bingkai bernegara, bukan wawasan sempit negara agama", papar Kapten Sali.

Saat ini lanjut Sali, ada kelompok yang gencar melakukan gerakan dakwah, namun ujung ujung nya mengajak berpolitik dengan negara khilafah. Hal demikian ini bertentangan dengan kesepakatan para pendiri negara NKRI.

"Ada ratusan suku, ras, budaya, bahkan beberapa agama yang diakui oleh negara kita bisa hidup berdampingan. Yang mayoritas melindungi buang minoritas. Mari kita amalkan bhineka tunggal Ika,"  tegas Kapten Saki.

Di bagian akhir, peserta yang bisa menjawab pertanyaan di beri hadiah, termasuk juga nomer hadir peserta, selanjutnya ramah tamah makan siang, (*)

0 comments:

Post a Comment